TEKUN BERLATIH : Petinju professional Kota Depok, Silem Serang dan muridnya Elza sedang berlatih di Studio Alam TVRI, di perbatasan Kecamatan Sukmajaya dan Kecamatan Cilodong. Foto : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
TEKUN BERLATIH : Petinju professional Kota Depok, Silem Serang dan muridnya Elza sedang berlatih di Studio Alam TVRI, di perbatasan Kecamatan Sukmajaya dan Kecamatan Cilodong. Foto : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Silem Serang, warga Kota Depok yang berprofesi sebagai petinju professional ini sudah tak asing lagi di telinga pecinta tinju di Depok. Selain prestasinya, Silem Serang juga dikenal sebagai sosok yang sederhana dan ramah dengan orang di sekitarnya.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di studio alam TVRI yang berlokasi di perbatasan Kecamatan Sukmajaya dan Kecamatan Cilodong itu, terlihat Silem, sapaanya sedang berlatih bersama satu orang anak didiknya di bawah rindangnya pohon besar yang tumbuh di kawasan tersebut.

Pria kelahiran Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini tampak dengan telaten mengajarkan gerakan demi gerakan kepada anak didiknya tersebut.

Silem, sapaanya mengatakan, jika sedang tidak ada turnamen tinju, dia biasa mengisi waktu dengan berlatih atau melatih anak didiknya.

“Karena sekarang belum ada jadwal bertanding, saya mengisi waktu dengan melatih tinju,” kata pemuda yang juga pelatih Pertina Kota Depok ini.

Ia mengungkapkan, muridnya saat ini ada empat orang, kebanyakan dari warga luar Depok, tepatnya di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Tiga orang murid saya orang Cibinong, hanya satu yang orang Depok, itupun tetangga saya di rumah,” jelasnya.

Menurutnya, minat warga Depok dalam olahraga tinju masih sangat kecil. Dia mengatakan hal tersebut karena sudah sering membuat undangan berlatih bagi warga Depok melalui forum warga di dunia maya.

“Saya sering share ajakan untuk berlatih tinju ke grup Facebook, tapi kebanyakan hanya bertanya saja, tidak ada tindak lanjut,” bebernya.

Padahal, katanya, tinju merupakan cabang olahraga yang cukup mudah dilakukan, sebab tidak memerlukan peralatan yang rumit sebab tidak membutuhkan tempat berlatih yang besar.

“Tinju itu sebenarnya tidak sulit, paling hanya latihan fisik seperti berlari dan angkat beban, baru sisanya latihan teknik memukul,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Elza Widya, murid Silem Serang mengaku sudah enam bulan belakangan ini dilatih oleh Silem. Dia mengaku sangat senang dilatih Silem, sebab materi latihan yang diberikan Silem mudah untuk dia pahami.

“Saya sudah sering lihat kak Silem bertanding baik di Youtube maupun di TV, makanya saya sangat senang bisa berlatih bersama dia,” kata dara berusia 18 tahun ini.

Tujuannya berlatih tinju agar dia kelak bisa menjadi atlit tinju di daerahnya, atau bahkan bisa menjadi atlit tinju professional seperti Silem.

“Kalau bisa sih jadi atlet tinju nasional, karena cita-cita saya ingin mengharumkan nama bangsa lewat tinju,” pungkasnya. (*)