Babai Suhaimi
Babai Suhaimi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBD Kota Depok Tahun Anggaran 2018 yang tembus di angka Rp 765.6 miliar lebih.

Anggota DPRD Kota Depok terpilih, Babai Suhaimi meminta Pemkot Depok untuk melakukan evaluasi total terhadap kegagalan dalam penyerapan anggaran.

Agar tidak menimbulkan praduga negatif kepada pemerintah, Babai pun menyarankan agar pemerintah memberikan penjelasan kepada publik atas masalah ini.

“Ini perlu dijelaskan, sektor anggaran apa yang gagal sehingga masyarakat tahu dan tidak menjadi bola liar dan timbul kecurigaan di masyarakat,” katanya kepada Radar Depok, kemarin (7/7).

Ia mengingatkan, salah satu tanggungjawab pokok penyelenggaraan pemerintah daerah itu adalah pembangunan untuk masyarakat. Jika penilaiannya datang dari masyarakat sendiri, hal tersebut tidak ada artinya untuk masyarakat.

“Prestasi pemerintah itu, sebuah penilaian yang datangnya dari masyarakat,” terang Politikus PKB ini.

Kemudian, Walikota pun harus memberikan punishment kepada OPD yang serapan anggarannya rendah. Sehingga, perlu mengangkat SDM yang kompeten dan Silpa tersebut menjadi salah satu parameter penilaian.

Lebih lanjut, kata dia, memberikan apresiasi pun harus dilakukan kepada OPD yang memiliki kinerja baik dan juga serapan anggarannya maksimal.

“DPRD juga tidak bisa tinggal diam dan bertanggungjawab. Saya mohon juga mereka harus menyampaikan kritik agar masyarakat tahu,” ucap Babai. (cky)