BENTUK POKJA: Prosesi pembentukan Pokja Ramah Lansia di aula kantor Kecamatan Sukmajaya. Foto : IST
BENTUK POKJA: Prosesi pembentukan Pokja Ramah Lansia di aula kantor Kecamatan Sukmajaya. Foto : IST

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Setelah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Ramah Lansia, Aparatur Kecamatan Sukmajaya  kini melakukan program lanjutan, yakni mengadakan roadshow pembinaan lansia di enam kelurahan yang ada di wilayahnya. Hal ini dilakukan guna mewujudkan lansia yang tangguh, sehat dan mandiri.

Kepala Seksi Kemasyarakatan Pelayanan Kecamatan Sukmajaya, Asih mengatakan, pembinaan yang diberikan ke lansia ini bersama Pokja Lansia Kecamatan. Dalam pembinaan, para lansia diberikan self healing agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Lansia diajak untuk melakukan berbagai hal dalam membangkitkan semangatnya meskipun sudah masuk usia senja,” ujarnya, Selasa (9/7).

Lebih lanjut Asih menjelaskan, dalam pembinaan yang dilakukan, lansia juga diberikan motivasi dan latihan gerakan keseimbangan. Selain itu dilakukan sesi berbagi pengalaman dan curhat lansia.

“Semua lansia juga bisa berbagi curahan hati atau curhat mengenai kesehatan, pengalaman pribadi, maupun aktivitasnya sehari-hari jika mengalami kendala,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui roadshow pembinaan itu, diharapkan seluruh lansia di Kota Depok, terutama di Kecamatan Sukmajaya dapat produktif dan bermanfaat bagi masyarakat. Mereka juga dapat tetap bugar, sehat, dan menjalankan aktivitas sendiri meskipun sudah usia lanjut.

” Diharapkan kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan produktivitas para lansia di sini, ” tutupnya. (dra)