KOMPAK: Anggota Komunitas Yoga Depok,saat melakukan aktifitas minggu pagi di lingkungan Kampus UI.
KOMPAK: Anggota Komunitas Yoga Depok,saat melakukan aktifitas minggu pagi di lingkungan Kampus UI.

RADARDEPOK.COM- Yoga selain meyehatkan badan, juga menjadi ajang silaturahmi bagi para pecintanya. Terbukti dengan seringnya bertemu saat aktifitas yoga. Mereka merasa menjadi seperti saudara.

Laporan: Rubiakto

Komunitas Yoga Depok (KYD) berdiri pada 31 Juli 2016 saat pertama mulai berkumpul di Balairung UI, untuk berlatih yoga dengan semangat untuk mempopulerkan yoga dan memudahkan akses berlatih bagi semua kalangan dan usia, khususnya di kota Depok.

Terhitung sejak bulan Agustus, komunitas yang digagas oleh seorang guru yoga (Didot Halim) ini rutin menggelar latihan yoga di alam terbuka yang bertempat di Selasar Kiri Balairung Universitas Indonesia-Depok, setiap minggu pagi pukul 06.30, yang rutin dilakukan hingga sekarang.

Tak terasa hingga tahun 2019 komunitas yang memiliki – semangat yoga untuk semua usia dan kalangan – ini berdiri, dari yang semula hanya diikuti oleh kurang dari sepuluh, kini diikuti hingga puluhan orang dari berbagai latar belakang, usia, dan tempat tinggal.

“Semangat komunitas kami disatukan oleh keinginan yang sama untuk belajar yoga agar bisa menjadi pribadi yang lebih sehat, bahagia, dan berguna bagi sesame,” kata salah satu pengurus Komunitas Yoga Depok, Anggiea Pracasti.

Menurutnya, keberadaan komunitas ini berhasil membangun atmosfer kegembiraan dan memperkuat ikatan para anggotanya, yang semula sama sekali tak saling mengenal. Namun kini, seperti layaknya sebuah keluarga besar, akhir pekan kurang lengkap tanpa mengakhirinya dengan yoga Minggu pagi bersama di Balairung UI.

Kini anggota aktif KYD hamper mencapai 100 orang. Di Jakarta, sudah ada beberapa komunitas yoga yang memanfaatkan ruang publik, seperti di Taman Suropati dan Taman Tebet. Di kawasan Depok, salah satu tempat tujuan favorit untuk berolahraga adalah di kawasan kampus Universitas Indonesia, yang tempatnya teduh dengan banyaknya pohon besar dan danau.

“Kami ingin masyarakat yang tinggal di sekitar Depok dapat bergabung bersama kami untuk dapat berlatih yoga bersama dan menjadi sehat secara fisik dan psikologis,” kata Anggiea.