MEGAH : Sejumlah motor tengah terparkir di depan Puskesmas UPF Villa Pertiwi di Kelurahan Sukamaju, Cilodong. Foto : IST
MEGAH : Sejumlah motor tengah terparkir di depan Puskesmas UPF Villa Pertiwi di Kelurahan Sukamaju, Cilodong. Foto : IST

RADARDEPOK.COM, CILODONG – UPF Puskesmas Villa Pertiwi mendorong pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) bagi para pekerja percetakan di wilayahnya sebagai upaya preventif dan pengobatan pertolongan pertama pada kecelakaan dan penyakit saat bekerja. Hal itu didasari upaya pencegahan yang dilakukan puskesmas tersebut.

“Saat ini sudah ada Pos UKK yang dibentuk oleh para pekerja Percetakan dan Suvenir (Rise) di RT 04/RW 01, Kelurahan Sukamaju. Pos UKK merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan,” tutur Kepala UPF Puskesmas Villa Pertiwi, Toni Hermawan belum lama ini.

Toni menjelaskan, saat ini Pos UKK Rise telah dibentuk susunan pengurus dan telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Lurah Sukamaju, Nurhadi. Dengan jumlah pengurus sebanyak 18 orang.

“Nantinya petugas Puskesmas akan secara bergantian mengisi penyuluhan di sana disesuaikan dengan waktu para pekerja yaitu, mulai pukul 11.30 WIB sampai selesai,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, fungsi utama dari Pos UKK adalah melakukan upaya promotif dan preventif. Seperti, penyuluhan kesehatan kerja, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan kerja, pengenalan risiko kerja, perbaikan lingkungan kerja, pemeriksaan kesehatan, dan lainnya.

“Selain itu, upaya kuratif dan rehabilitatif juga tetap dilakukan. Dengan begitu, diharapkan dapat tercapai kondisi terjaganya kesehatan para pekerja sehingga produktivitas pekerjaan dapat meningkat,” tandasnya. (dra)