Narasumber : Nurlan – Karyawan Swasta
Narasumber : Nurlan – Karyawan Swasta

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hadirnya Program JKN-KIS terbukti telah memberikan akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dengan iuran yang sangat terjangkau, manfaat JKN-KIS terbilang besar. Demikian menurut Nurlan, warga Kota Depok yang sengaja mendaftarkan diri agar memiliki jaminan perlindungan diri.

Kepada Jamkesnews, Nurlan mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS merupakan program yang sangat membantu masyarakat. Terbukti dari semakin mudahnya masyarakat untuk berobat di fasilitas kesehatan berkat JKN-KIS.

“Program JKN-KIS itu sangat bagus. Apalagi dengan menggunakan sistem gotong royong, program tersebut membuat kami para peserta saling membantu. Jadi iuran peserta yang sehat akan digunakan untuk membantu peserta yang sakit. Jadi peserta yang sakit tidak akan merasa terbebani,” ujar Nurlan, Kamis (18/07).

Nurlan mengungkapkan bahwa selama ia terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat. Meski demikian, ia tidak pernah merasa rugi. Bahkan sebaliknya, ia rutin dan tepat waktu dalam membayar iuran.

“Alhamdulillah saya masih sehat saat ini. Jadi saya belum pernah pakai kartu saya untuk berobat. Tapi saya justru bersyukur dan biarlah iuran yang saya bayar tiap bulan dipakai untuk membantu orang yang sakit. Saya sangat ikhlas karena itu bisa menjadi ladang pahala bagi saya, sama seperti kalau bersedekah,” ujar Nurlan.

Nurlan pun mengajak kepada semua peserta JKN-KIS agar rutin dan tepat waktu membayar iuran. Meski jarang atau bahkan belum pernah menggunakan, jangan pernah merasa rugi. Karena suatu saat ketika sakit maka akan dibantu juga oleh iuran peserta lainnya.

“Dengan membayar iuran secara rutin dan tepat waktu, secara tidak langsung kita akan memstikan bahwa kartu kita tetap aktif. Jadi kalau tiba-tiba suatu saat membutuhkan, maka tidak ada masalah dandapat digunakan,” ujar Nurlan.

Nurlan berharap agar Program JKN-KIS terus ditingkatkan. Termasuk pelayanan kepada peserta terutama di fasilitas kesehatan sehingga manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat. (san)