Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi musim hujan di wilayah Indonesia, Jumat (16/8). FOTO : JAWAPOS.COM
Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi musim hujan di wilayah Indonesia, Jumat (16/8). FOTO : JAWAPOS.COM

 

 

JAKARTA – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di wilayah Indonesia akan jatuh pada awal 2020. Hal ini akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia yang terjadi pada Januari hingga Februari.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan, sebagian wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan pada Oktober 2019. Terkait belum adanya wilayah yang masuk musim hujan pada Agustus 2019, karena suku muka air laut di wilayah Samudera Pasifik dalam keadaan normal.

“Saat ini masih ada suku muka air laut bagian selatan khatulistiwa lebih dingin dari suhu normal. Sehingga implikasinya curah hujan menjadi rendah dan kondisi suhu muka air laut yang dingin ini diperkirakan akan berlangsung sampai Oktober,” kata Dwikorita di kantornya, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (15/8).

Dwikorita menjelaskan, sebagian wilayah yang sudah memasuki musim hujan pada Oktober 2019 diantaranya di Pulau Sumatera bagian utara, sebagian wilayah Pulau Jawa, Pulau Kalimantan bagian utara, dan Provinsi Papua bagian utara.

Selain itu, untuk wilayah yang mengawali musim hujan pada November 2019 di antaranya Sumatera Selatan, Lampung bagian utara, sebagian besar wilayah Pulau Jawa, sebagian besar wilayah Pulau Bali, sebagain besar Pulau Sulawesi, Maluku, dan Provinsi Papua Barat bagian utara.

“Sebanyak 79 zona musim (ZOM) akan masuk awal musim hujan pada Desember 2019 yaitu sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” ucap Dwikorita.

Kendati demikian, terdapat sebagian wilayah di Indonesia yang memasuki musim hujan lebih dini. Wilayah tersebut telah memasuki musim hujan pada Agustus 2019.

“Wilayah yang periode musim hujan akan lebih besar dari normalnya seperti di wilayah Aceh bagian timur, Sumatera Utara bagian utara, Pulau Sumbawa bagian utara, Sulawesi Tengah bagian utara, dan Pulau Buru,” ungkap Dwikorita.

Lebih jauh, Dwikorita menyampaikan Indonesia akan memasuki puncak musim hujan pada awal 2020 yakni Januari hingga Februari. Menurutnya, memasuki musim hujan perlu diwaspadai wilayah yang rentan terhadap bencana yang ditimbulkan seperti banjir dan tanah longsor.

“Diharapkan adanya perkiraan ini misalnya terjadi banjir bandang, longsor bisa untuk dimitigasi secara dini. Dapat dioptimalkan pola tanam atau perikanan, langkah-langkah mitigasi lanjut yang perlu dilakukan,” pungkas Dwikorita. (jwp/rd)