DIPERIKSA:  drh.  Yunita Widayati sedang memeriksa kesehatan hewan qurban di Masjid Istiqomah Mekarjaya,  Kecamatan Sukmajaya. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
DIPERIKSA:  drh.  Yunita Widayati sedang memeriksa kesehatan hewan qurban di Masjid Istiqomah Mekarjaya,  Kecamatan Sukmajaya. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
RADARDEPOK.COM, MEKARJAYA – Sebanyak tiga ekor hewan kurban dinyatakan terserang penyakit flu,  di Masjid Istiqomah,  Kelurahan Mekarjaya,  Kecamatan Sukmajaya.

Dokter pemeriksa hewan kurban dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI),  drh.  Yunita Widayati mengungkapkan, dalam kegiatan pemeriksaan hewan kurban di Masjid Istiqomah,  pihaknya menemukan ada tiga hewan qurban yang terserang flu.

“Yang kena flu itu dua ekor kambing dan satu ekor domba,” katanya,  Sabtu (10/8).

Dia menjelaskan, kondisi flu tersebut tidak terlalu berat, sehingga masih layak untuk dijadikan hewan kurban.

“Kemungkinan karena perubahan cuaca dan kemungkinan hewannya lelah dengan perjalanan yang panjang dan kepanasan,  makanya kambing dan domba itu kena flu. Oleh karena itu, hewannya harus diistirahatkan, diberi makan dan minum yang cukul, serta dipantau terus perkembangannya,” Jelasnya.

Dia menambahkan,  ketiga hewan tersebut sudah ditangani oleh pihaknya, sehingga warga tidak perlu khawatir akan kesehatan hewan kurban itu.

“Tinggal diterapi makanan dan minuman nanti hewan itu akan sehat kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut,  dia mengatakan dalam kegiatan tersebut total sebanyak 15 ekor hewan kurban dinyatakan lolos pemeriksaan, dan dalam kondisi layak dijadikan kurban.

“Kambing dan domba ada 15 ekor,  dan sapi ada satu ekor.  Selain tiga hewan yang tadi semuanya sehat, ” tutupnya.  (dra)