BEBERSIH : Anggota DLHK Kota Depok membersihkan sampah liar yang berserakan di Jalan Masjid Al Mujahiddin, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, Kamis (8/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK
BEBERSIH : Anggota DLHK Kota Depok membersihkan sampah liar yang berserakan di Jalan Masjid Al Mujahiddin, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, Kamis (8/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

Tidak dapat dipungkiri masih saja kebun kosong maupun jalan yang sepi jauh dari permukiman masyarakat, menjadi lokasi pembuangan sampah liar, seperti Jalan Masjid Al Mujahiddin, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok telah berupaya membersihkan sampah liar dan mengajak masyarakat peduli kebersihan lingkungan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sebanyak sepuluh pesapon dengan menggunakan alat kebersihan, membersihkan sampah liar yang berserakan di Jalan Masjid Al Mujahiddin, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari. Sampah yang terkumpul dimasukan kedalam gerobak motor untuk dibawa ke TPA Cipayung.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumelar mengatakan, DLHK Kota Depok berusaha untuk mengatasi dan meminimalisir sampah di Kota Depok, salah satunya terkait pembuangan sampah liar di Kecamatan Bojongsari. Menurutnya masih ada oknum pembuang sampah liar yang tidak memperdulikan dampak dari pembuangan sampah liar.

“Kami telah menurunkan pesapon untuk membersihkan sampah liar di Jalan Masjid Al Mujahiddin, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari,” ujar Iyay.

Mantan kepala UPT TPA Cipayung tersebut mengungkapkan, sampah liar tersebut berada di lahan kosong yang bersebelahan dengan sandi negara. Tidak hanya itu, dikarenakan kurangnya lampu penerangan dan jauh dari permukiman penduduk, lokasi tersebut kerap dijadikan pembuangan sampah.

Sebab itu, pihaknya telah membersihkan dan memasang spanduk peringatan dan himbauan untuk tidak membuang sampah liar.

Pria asal Pasundan tersebut menuturkan, DLHK Kota Depok telah berusaha untuk menjaga dan menciptakan kebersihan di Kota Depok. Namun upaya tersebut harus didikung semua pihak, khususnya kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat diminta untuk berpartisipasi meningkatkan kebersihan lingkungan dan tidak segan memberikan laporan apabila menemukan oknum pembuang sampah liar.

“Nantinya oknum tersebut akan diberikan diikutkan dalam sidang Tipiring,” tutup Iyay. (*)