Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

 

JAKARTA – Revolusi 4.0 menjadi sorotan untuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurutnya di era Revolusi 4.0 tersebut, akan berdampak besar pada dunia kerja.

Dimana menurut Emil-sapaannya-, akan ada pekerjaan yang mungkin hilang, dan akan ada juga pekerjaan-pekerjaan baru. Apalagi, dengan adanya perkembangan teknologi, yang berdampak besar pada kebutuhan dan keterampilan yang dimiliki sumber daya manusia (SDM).

“SDM-nya harus dipersiapkan dari segi kemampuan dan keterampilannya, karena perkembangan zaman sangat cepat,” ucap Emil setelah mendengarkan pidato yang disampaikan oleh Jokowi di hadapan anggota DPR dan DPD RI di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta. Dimana pada momen tersebut, Jokowi mengingatkan bangsa ini tentang tantangan yang akan dihadapi di masa depan.

Oleh karena itu, tidak hanya sekedar memperhatikan SDM-nya saja, tetapi pemerintah juga harus siap akan Revolusi 4.0. Dimana, kebijakan-kebijakannya harus sejalan dan bersinergi antar pihak dan dengan pihak lainnya juga.

“Kerja sama lembaga diperkuat, kemudian peraturan-peraturan dari pusat sampai daerah yang bukan soal kuantitasnya tapi juga kualitas,” ucap Emil.

Emil mengatakan kualitas aturan yang diharapkan Jokowi sejalan dengan upaya yang dilakukan Pemprov Jabar melalui semangat reformasi birokrasi.

“4.0 kita siapkan, bahkan kita ada rencana MoU (nota kesepahaman) membuat SMK 4.0 di Purwakarta, sedang kita siapkan sebagai prototype,” ujar Emil. (net/rd)

 

Editor : Pebri Mulya