PENSIUNAN: Teguh Triono mengaku, program JKN-KIS menjadi andalan dirinya untuk melindungi diri. FOTO : BPJS KESEHATAN FOR RADAR DEPOK
PENSIUNAN : Teguh Triono mengaku, program JKN-KIS menjadi andalan dirinya untuk melindungi diri. FOTO : BPJS KESEHATAN FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hadirnya program JKN-KIS telah memberikan kesempatan bagi semua kalangan masyarakat untuk dapat melindungi masalah kesehatannya. Biaya pelayanan kesehatan yang begitu mahal, tak lagi menjadi kendala masyarakat mengakses pelayanan kesehatan berkat program JKN-KIS.

Alhasil, program JKN-KIS kini menjadi salah satu jaminan perlindungan diri yang diburu oleh masyarakat. Seperti dialami Teguh Triono.

Teguh pun tak segan berbagi kisahnya terkait Program JKN-KIS. Menurutnya di usianya yang sudah senja dengan penghasilan yang sudah tidak seberapa dibandingkan ketika ia masih muda dulu dan giat bekerja, Program JKN-KIS menjadi andalan dirinya untuk melindungi diri. Apalagi seiring berjalannya waktu biaya pelayanan kesehatan semakin mahal.

“Saya merasa terbantu dengan adanya JKN-KIS, walaupun saya sudah pensiun kesehatan saya tetap terjamin. Sebenarnya dulu saya mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor yang dibiayai dengan potong gaji. Tapi kini saya sudah pensiun dan asuransi komersial itu kan mahal dan banyak syaratnya, apalagi ada batasannya. Jadi paling bagus bagi saya saat ini yaitu Program JKN-KIS. Karena iurannya murah dan manfaatnya sangat banyak, serta tidak ada batasan,” tutur Teguh, Rabu (21/08).

Teguh mengungkapkan bahwa perkembangan Program JKN-KIS kini juga sangat bagus. Apalagi sejak dikembangkannya aplikasi Mobile JKN yang sangat memudahkan masyarakat mulai dari mendaftar hingga memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan.     Selain itu, riwayat pelayanan kesehatan pun dapat dilihat melalui aplikasi tersebut. Serta jika ada keluhan bisa segera disampaikan melalui fitur pengaduan yang ada pada aplikasi tersebut.

“Aplikasinya tentu sangat membantu. Mau daftar menjadi peserta saja bisa lewat aplikasi itu, mau cek data kepesertaan, rincian pembayaran, riwayat pelayanan kesehatan, sampai kalau dapat kesulitan waktu dilayani di fasilitas kesehatan dan mau mengadu ke BPJS Kesehatan, semua bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Fiturnya sangat simple jadi saya bisa pakai,” ujar Teguh.

Teguh yang kini selalu menggantungkan harapannya kepada Program JKN-KIS untuk jaminan perlindungan kesehatannya pun berharap agar Program JKN-KIS terus ditingkatkan, agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik.

Terakhir ia mengajak kepada peserta JKN-KIS lainnya agar rutin dan tepat waktu membayar iuran, sehingga suistainibilitas Program JKN-KIS tetap terjaga dan program tersebut tetap dapat berjalan dengan optimal. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya