DIPAJANG: Kasi Ekbang Kecamatan Tapos, Supardi memamerkan ikan hias milik Kosasih yang dipajang di kantor Kecamatan Tapos dalam rangka lomba sinergitas Kecamatan Tapos. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
DIPAJANG : Kasi Ekbang Kecamatan Tapos, Supardi memamerkan ikan hias milik Kosasih yang dipajang di kantor Kecamatan Tapos dalam rangka lomba sinergitas Kecamatan Tapos. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

Kecamtan Tapos dikenal memiliki berbagai macam kelompok Usaha Mikro Mikro Kecil Menengah (UMKM) mulai dari UMKM dengan produk olahan buah, makanan, kerajinan tangan, hingga UMKM di bidang budidaya ikan hias. Salah satu pelaku budiya ikan hias binaan Kecamatan Tapos yang dikenal sukses oleh masyarakat adalah Kosasih, warga Kelurahan Sukamaju Baru.

Laporan: Indra Abertnego Siregar  

RADARDEPOK.COM – Di aula kantor Kecamatan Tapos, puluhan pelaku budidaya ikan hias mengikuti kegiatan sertifikasi dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias Kota Depok.

Salah satu peserta kegiatan sertifikasi tersebut adalah Kosasih, warga Kelurahan Sukamaju Baru yang dikenal sudah malang-melintang di dunia ikan hias Kota Depok.

Dengan sabar Kosasih menanti giliriannya mendapatkan sertifikasi agar usaha ikanya mendapat legalisasi.

“Saya ikut sertifikasi supaya usaha budidaya ikan hias saya semakin legal dan dikenal masyarakat luas,” kata Kosasih yang menggunakan kemeja bergaris tersebut.

Sambil menunggu gilirannya mengambil sertifiat, pria paruh baya tersebut menceritakan awal mulanya menggeluti dunia budidaya ikan hias. Kegiatan budidaya ikan hias sudah dimulainya sejak 20 tahun lalu. Lewat tangan dinginya, dia sudah berhasil menetaskan berbagai jenis ikan hias dengan kualitas terbaik.

“Awalnya sih hobi aja pelihara ikan hias. Beli satu dua ekor ikan hias dipelihara supaya menghilangkan penat waktu dulu,” ujar Kosasih kepada Radar Depok.

Dia menambahkan, awalnya kegiatan memelihara ikan hias tersebut hanya sekedar hobi baginya belum ada niat untuk menjadikan hobinya itu sebagai bisnis yang mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti saat ini.

“Gak ada kepikiran ke sana, cuma pengen melihara untuk dilihat–lihat saja,” katanya semringah.

Meski begitu, nasib berkata lain. Kini dia malah menjadi seorang pembudidaya ikan hias yang terbilang cukup sukses, karena penjualan ikan hiasnya bukan hanya pada sekmen lokal semata, tapi juga merambah ke kancah internasional.

“Alhamdulilah ikan hias budidaya saya sudah di ekspor ke luar negeri,” ucapnya. (bersambung)