Ini Dia Besaran Perputaran Uang Hewan Kurban di Depok

In Uncategorized
PEMOTONGAN HEWAN KURBAN : Sejumlah warga saat akan melakukan pemotongan hewan kurban di kawasan RT01/06, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Minggu (11/8). Pemerintah Kota Depok mencatat ada 19.426 ekor hewan kurban yang didistribusikan di seluruh wilayah. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Idul Adha 1440 Hijriyah ternyata sangat berarti bagi masyarakat Kota Depok. Nyatanya kemarin, berdasarkan data, secara keseluruhan se-Depok ada 19.426 hewan yang dikurbankan. Diperkirakan belasan ribu hewan yang disembelih itu senilai Rp165.594.700.000. Namun sayang, imbauan tidak mencuci dan membuang jeroan dilanggar.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, di Kota Depok,  secara keseluruhan ada 19.426 hewan yang dikurbankan. Hewan yang dikurbankan itu terdiri dari sapi sebanyak 6.062 ekor, kerbau 26 ekor, kambing 11.727 ekor, dan domba sebanyak 1.611 ekor.

“Totalnya ada 19.426 hewan yang dikurbankan atau senilai Rp 165.594.700.000,” ucap Pradi saat memantau proses penyembelihan dan distribusi hewan kurban di Beji, kepada Radar Depok, Minggu (11/8).

Dia meminta panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik untuk membungkus hewan kurban. Ini agar kurban itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Penggunaan non-plastik untuk kantong daging kurban sangat baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Tentu, ini juga bagian dari tuntutan agama,” jelas Pradi.

Sementara, di Idul Adha 1440 H, Walikota Depok memberikan bantuan hewan kurban ke 50 titik tersebar di seluruh kecamatan se-Kota Depok.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, tahun ini berkurban 50 ekor sapi dan dua ekor kambing yang tersebar di Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) 11 kecamatan. Puluhan hewan kurban itu didistribusikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan.

“Alhamdulilah tahun ini kurban sapi di 50 titik yang tersebar di Kota Depok. Serta tambahan dua ekor kambing. Hewan-hewan kurban ini saya niatkan atas nama Walikota dan masyarakat Depok,” kata Idris usai menyerahkan dan memantau penyembelihan hewan kurban di Masjid Baiturrahman, Kelurahan Lio, Kecamatan Pancoranmas, Minggu (11/7).

Menurut Idris, momentum Idul Adha bukan hanya berkurban tetapi pada konteks pengorbanan. Pada hakikatnya berkurban (penyembelihan) yang dilakukan Nabi Ibrahim ke Nabi Ismail membutuhkan pengorbanan luar biasa. Dia menganalogikan sama halnya dalam konteks pembangunan kota.

“Siapapun yang ingin maju pasti mengeluarkan pengorbanan. Guna meminimalisir besarnya cobaan yang dilalui harus ada kebersamaan, sama halnya dengan menyembelih hewan kurban harus dilakukan secara gotong royong,” ujarnya.

Selain pengorbanan, Idul Adha juga dapat melahirkan sikap-sikap postif. Seperti sikap empati, saling menghormati, dan peduli kepada sesama dengan berbagi. “Kurban dalam bahasa Arab berasal dari kata qarib, artinya dekat. Yaitu mendekatkan kita dengan Allah SWT dan juga sesama,” beber Idris.

Di lokasi yang sama, Istri Walikota Depok, Elly Farida menuturkan, Idul Adha juga bisa dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan sisi ketahanan keluarga. Para perempuan diajak mengambil hikmah berkurban dari kisah Istri Nabi Ibrahim Siti Hajar.

“Ketakwaan dan kekompakkan Siti Hajar dan Nabi Ibrahim melahirkan anak yang sangat luar biasa yakni Nabi Yusuf. Hal seperti ini yang patut dicontoh oleh keluarga di Kota Depok,” beber Elly. (rd)

 

Reporter : Fahmi Akbar, Nur Aprida Sani, Rubiakto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

kegiatan sosial nurhasyim

Nurhasyim Bagikan 500 Paket Sembako

BERBAGI : Anggota DPRD Kota Depok, Nurhasyim menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga. Kegiatan tersebut

Read More...
pintu tol cikarang utama

1.181 Kendaraan Putar Balik Imbas dari Larangan Mudik

ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Hari pertama pemberlakukan larangan mudik yang berimbas pada penyekatan pintu tol, memaksa

Read More...
ahmad sudah kembali ke banten

Sendirian di Kalimulya, Kini Ahmad Bersama Keluarganya di Banten

PKK PEDULI : Ketua PKK Kalimulya Aning Sulistyowati bersama Lurah Kalimulya Nandang Juhana bersama seluruh

Read More...

Mobile Sliding Menu