INOVASI: (kiri-kanan) Muhammad Rizky, Valdi Adil Baqi, Almudy Rachmat, dan Imanuel Triadhy Mewanglo para pembuat aplikasi Lilbro. FOTO : LILBRO FOR RADAR DEPOK
INOVASI: (kiri-kanan) Muhammad Rizky, Valdi Adil Baqi, Almudy Rachmat, dan Imanuel Triadhy Mewanglo para pembuat aplikasi Lilbro. FOTO : LILBRO FOR RADAR DEPOK

 

Kecanggihan teknologi sekarang memang tidak terbatas, semua bisa dilakukan dan didapatkan dengan mudah. Sadar akan kemajuan teknologi tersebut, empat anak muda dari Kota Depok, mencoba menyuguhkan aplikasi buatannya, yakni Lilbro. Aplikasi tersebut, bergerak di bidang pelayanan konsultasi psikolog gratis dengan sistem online. Seperti apa aplikasi tersebut, dan kenapa mereka memilih psikolog pelayanannya.

LAPORAN : PEBRI MULYA – Depok

Valdi Adil Baqi, Muhammad Rizky, Almudy Rachmat, dan Imanuel Triadhy Mewanglo. Mereka adalah empat orang yang merancang dan membuat Lilbro, yakni aplikasi pelayanan konsultasi Psikolog Klinis gratis melalui sistem online.

Valdi yang ditemui di sebuah tempat makan di kawasan Kecamatan Sukmajaya mengatakan, semua rencana tersebut berawal dari pertemanan mereka semenjak duduk di bangku SMK, yakni di SMKN 1 Depok di Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Setelah lulus, keempat sahabat tersebut masih kerap berkumpul meski sibuk dengan urusan dan pekerjaannya masing-masing.

Valdi yang sekarang bekerja di sebuah Start Up tersebut, mengajak teman-temannya untuk membuat sebuah aplikasi pelayanan. Tetapi, mereka sempat kebingunan aplikasi seperti apa yang akan mereka buat. Setelah melakukan riset dan melihat beberapa kebutuhan sekarang ini, dipilihlah aplikasi yang memberikan pelayanan psikolog klinis.

“Ini berkaca dari sewaktu kami lulus, yang sempat bingung ingin berkonsultasi kemana untuk menentukan akan melanjutkan kemana setelah lulus SMK. Jadi, kami ingin mencoba menjadi wadah berkonsultasi Psikolog Klinis,” terangnya.

Tidak hanya itu saja, maksud dari Psikolog Klinis tersebut, bukan berarti ditujukan bagi orang yang sedang mengalami kegangguan jiwa, tetapi menjadi tempat untuk bisa berkonsultasi berbagai hal tentang kehidupan. Valdi dan teman-temannya pun telah memiliki rekanan dengan Psikolog Klinis yang berkompeten, untuk bisa berkonsultasi secara online.

“Kami ingin memberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan mental, khususnya untuk Indonesia,” tuturnya.

Valdi menceritakan, alasan dia bersama teman-temannya memberi nama Lilbro, yakni karena mereka berempat adalah anak terakhir dari masing-masing keluarganya, dan mereka laki-laku semua. Jadi, diberi nama dari little dan sapaan untuk laki-laki, yakni bro. Tidak hanya itu, Lilbro juga mudah untuk pengucapannya, sehingga mudah dihafal.

“Kami awal meluncurkan aplikasi Lilbro pada 14 Mei 2019. Jadi, di Lilbro bisa memberikan layanan tanpa biaya alias gratis dan 24 jam non stop,” terangnya.

Valdi menuturkan, ada beberapa pilihan fitur di aplikasi Lilbro, yang tentunya untuk menunjang kemudahan seseorang mendapatkan pelayanan Psikolog Klinis. Pertama tentu saja ada Konsultasi Online, yang dimana orang bisa berkonsultasi dengan Psikolog di Lilbro, keamanan dan kerahasiaan dan data dari pengguna akan dijaga. Lalu ada Meditasi Online, yakni fitur yang membantu pengguna Lilbro menenangkan pikiran dan perasaan, dengan mendengarkan lagu-lagu meditasi.

“Ada juga fitur Tips Harian, yang isinya ada beberapa tips menarik tentang kesehatan mental dari sumber yang terpecaya. Dan terakhir ada fitur Panggilan Darurat, yang langsung akan dihubungkan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” terangnya.

Valdi mengaku, di aplikasi Lilbro tersebut, dirinya tidak mencari keuntungan sama sekali. Dirinya hanya ingin memberikan pelayanan mudah kepada orang yang membutuhkan Psikolog Klinis. Karena, dirinya ingin mengubah stigma orang kalau orang yang berkonsultasi ke psikolog, bukan berarti mengalami gangguan jiwa, tetapi juga untuk mendapatkan pencerahan tentang kehidupan. (*)