ILUSTRASI
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjadi sebagai Anggota DPRD Kota Depok, tentu tidak hanya menjadi prestasi yang sangat prestisius untuk individu. Tetapi juga sebagai momen untuk mengabdikan diri bagi warga, khususnya mengemban amanah, dan aspirasi dari Dapil masing-masing. Para Caleg yang sudah terpilih, nantinya akan dilantik pada 3 September mendatang.

Seperti yang dituturkan, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Depok, H Hamzah yang kembali terpilih pada Pileg 2019. Ia mengaku ingin terus lebih baik untuk periode keduanya di Kota Kembang.

“Kalau ditanya itu, saya masih berfikir untuk lebih baik lagi pada periode kedua saya di dewan,” kata H. Hamzah kepada Radar Depok.

Caranya, sambung pemilik 10.953 suara di Dapil 5 (Cilodong-Tapos) ini, dengan belajar dan menambah wawasan terkait Undang-Undang, aturan, pemerintahan dan Tupoksi Dewan. Sehingga, bisa lebih memaksimalkan dan membawa manfaat bagi warga Kecamatan Tapos, Cilodong, serta umumnya untuk warga Depok. “Memang kita dipilih ditetapkan Dapil-nya, tapi ketika sudah menjadi dewan, kita menjadi wakil rakyat Kota Depok,” terangnya.

Menurut Hamzah yang juga menjabat sebagai Sekjen DPC Partai Gerindra Kota Depok ini, seorang dewan tidak hanya duduk dan mengisi daftar hadir saat rapat. Namun, memiliki tanggung jawab untuk membawa Kota Depok agar semakin maju, baik dari sektor pembangunan fisik maupun non fisiknya. “Dewan bisa sampai ke DPRD ini, membawa amanah dari masyarakat, jadi harus benar-benar memperjuangkan aspirasi mereka melalui jalur legislatif,” papar Hamzah.

Untuk itu, Hamzah pun berupaya semaksimal mungkin mengerahkan segala daya dan upayanya di legislatif agar membawa manfaat dan masyarakat tidak sia-sia memilihnya. “Mohon doanya untuk periode kedua ini. Semoga Depok makin maju dan maju lagi. Sehingga menjadi kota besar yang diperhitungkan dan dipandang di Indonesia, bahkan dunia internasional,” tandasnya.

Sementara, Caleg petahana DPRD Jabar Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari, Cipayung) nomor urut 2 dari PDI Perjuangan, Yuni Indriyani mendulang sebanyak 5.786 suara atau 3,32 persen. Atas hasil tersebut, wanita cantik berhijab ini kembali ke Kota Kembang untuk  dua periode di DPRD Kota Depok. “Alhamdulillah, hasil gabungan dari tiga kecamatan, saya yang paling besar di PDI Perjuangan,” kata Yuni.

Di Kecamatan Sawangan, Yuni meraih 2243 suara, kemudian di Kecamatan Bojongsari 1549 suara dan terakhir di Kecamatan Cipayung mendulang 1994 suara. Sedangkan, jika dijumlah, kata Yuni, ia berhasil meraih 5786 suara. Pada periode keduanya, ia ingin mengabdikan diri untuk masyarakat, khususnya mengembangkan potensi UMKM, perikanan dan juga memajukan pembangunan fisik maupun non fisik yang ada di Dapil-nya. “Yang pasti, sebagai dewan, kita harus memberikan yang terbaik untuk warga Depok,” ucap Yuni.

Caleg DPRD Kota Depok Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari, Cipayung) nomor urut 4 dari Partai Golkar, Nurdin Al Ardisoma meraih suara signifikan pada Pemilu yang di4.881 suara  melenggang ke kota kembang. Karenannya, sebagai pendatang baru, pria yang akrab disapa bang Jojon ini memohon doa untuk mengemban amanah sebaik-baiknya ketika duduk sebagai anggota DPRD Kota Depok periode 2019-2024.

“Semoga sebagai pendatang baru bisa dan mampu mengemban amanah dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Tentunya, untuk membangun wilayah menjadi semakin maju,” kata bang Jojon.

Sebab, lanjut pria yang aktif dalam kegiatan karang taruna (Katar), baik di kelurahan maupun kecamatan ini, sebagai warga asli Sawangan, tentunya ia ingin wilayahnya dapat lebih maju dan berkembang, seperti daerah lain di Kota Depok. “Potensi-potensi yang ada di Kecamatan Sawangan harus dimunculkan kepermukaan. Sehingga, tidak hanya warga Depok yang tahu tapi daerah lain,” ujar Ketua PK Golkar Sawangan ini.

Terpisah, ebagai dewan terpilih pada Pemilu serentak 2019 di Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari, Cipayung), Priyanti Susilawati memiliki keinginan untuk masuk di komisi D DPRD Kota Depok. Diketahui Komisi D DPRD Kota Depok sendiri membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Kebudayaan, Agama dan Sosial, Ketenagakerjaan, serta Kepemudaan dan Olahraga. “Saya suka bersilaturahmi dengan masyarakat, Bidang Komisi D sendiri lebih banyak berkaitan dengan masyarakat,” kata Priyanti yang juga menjabat sebagai Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Cipayung ini.

Terlebih, sambung adik kandung Pradi Supriatna ini, dirinya telah memiliki blue print untuk memajukan Kota Depok, khususnya yang dibidangi Komisi D. “Kalau silaturahmi memang sebelum kampanye sudah menjadi kebiasaan saya. Sampai intens di masa kampanye kemarin, banyak yang dikeluhkan masyarakat, khususnya di bidang komisi D,” terangnya.

Ia mencontohkan, banyak sekali keluhan masyarakat terkait dunia pendidikan, misalnya saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang tiap tahun mengalami permasalahan yang sama. “Ini kan tidak boleh terjadi, tahun pertama atau kedua masih bisa dimaklumi, tapi kalau setiap tahun permasalahan yang sama kembali terulang, artinya kan harus ada yang diperbaiki,” paparnya.

Kemudian, sambung Priyanti, untuk Kepemudaan. Menurut dia, peran pemuda harus dioptimalkan dan diajak serta mengisi pembangunan di Kota Depok. “Jadi tidak sebatas diberikan pelatihan, tapi juga permodalan, pemasaran dan pengawasan ya,, harus dibuat perencanaan dari hulu hingga hilir,” ujarnya. (cky)

 

Raihan Kursi DPRD Kota Depok

PKS 12 Kursi

Gerindra 10 Kursi

PDIP 10 Kursi

Golkar 5 Kursi

PAN 4 Kursi

PKB 3 Kursi

Demokrat 3 Kursi

PPP 2 Kursi

PSI 1 Kursi

TOTAL 50 Kursi 

 

19 WAJAH BARU                                    31 WAJAH LAMA

Imam Musanto (PKS)                                     M. Hafid Nasir (PKS)

Yusufsyah Putra (PKS)                                   T. Farida Rachmayanti (PKS)

Ade Supriatna (PKS)                                      Sri Utami (PKS)

Hengky (PKS)                                                  Qurtifa Wijaya (PKS)

Ade Firmansyah (PKS)                                   Edi Masturo (Gerindra)

Khairullah (PKS)                                             Hamzah (Gerindra)

Habib Ghasim (PKS)                                      Yeti Wulandari (Gerindra)

Afrizal A. Lana (Gerindra)                            Turiman (Gerindra)

Priyanti Susilawati (Gerindra)                     Supariyono (PKS)

Iman (Gerindra)                                              Mohamad HB (Gerindra)

Irvan Rivai (Gerindra)                                   Rizki M. Noer (Gerindra)

Imam Turidi (PDIP)                                       Hendrik Tangke Allo (PDIP)

Fransiscus Samosir (PDIP)                           Hermanto (PDIP)

Ikravani (PDIP)                                               Indah Ariani (PDIP)

Nurdin Al Ardi Soma (Golkar)                     Veronica Wiwin (PDIP)

Tati Rachmawati (PKB)                                 Rudi Kurniawan (PDIP)

Hamid (PKB)                                                    Yuni Indriyani (PDIP)

Babai Suhaimi (PKB)                                      Mad Arif (PDIP)

Oparis Simanjuntak (PSI)                              Tajudin Tabri (Golkar)

Nurhasim (Golkar)

Supriyatni (Golkar)

Juanah Sarmili (Golkar)

Nurhasan (PAN)

Azhari (PAN)

Igun Sumarno (PAN)

Lahmudin Abdullah (PAN)

Edi Sitorus (Demokrat)

Endah Winarti (Demokrat)

Mochamad Taufik (Demokrat)

Qonita Luthfiyah (PPP)

Mazhab HM (PPP)