MENARIK: Gaya busana para Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufida Jusuf Kalla bersama ibu pejabat lainnya saat menghadiri sidang tahunan MPR 2019. FOTO : Jawapos.com
MENARIK: Gaya busana para Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufida Jusuf Kalla bersama ibu pejabat lainnya saat menghadiri sidang tahunan MPR 2019. FOTO : Jawapos.com

 

JAKARTA – Cantik dengan kain nusantara menjadi pemandangan menarik dari sisi lain pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di Kompleks Parlemen, Senayan,  Jumat (16/8). Ibu negara Iriana Jokowi dan para istri pejabat terlihat anggun dengan menggunakan wastra nusantara di atas red carpet. Rata-rata semua mengenakan busana kebaya dan padu padan kain daerah.

Menurut Kritikus Mode Sonny Muchlison, gaya mereka sangat manis dan menarik mencerminkan gerakan kembali mencintai keragaman kain tradisional. Sebab kain tradisional, kata dia, tak lepas dari perjalanan sejarah bangsa sejak zaman kolonial Belanda.

“Semua menggerakkan kembali mencintai keragaman kita sendiri. Kebaya itu tak lepas dari sejarah umat muslim sejak zaman Belanda,” ujarnya, Jumat (16/8).

Sonny menambahkan kebaya sejak zaman dulu untuk seseorang yang sudah berusia lebih lanjut memang tidak direkomendasikan untuk ketat atau membentuk siluet tubuh. Sehingga, Sonny memuji gaya ibu negara dan para istri pejabat yang sangat rapi serta sesuai dengan sejarah bangsa.

Iriana Jokowi dengan Mufidah Jusuf Kalla. FOTO : Jawapos.com

 

“Memang kebaya buat yang sudah berumur sejak dulu tak boleh ketat. Dan ada dua macam, pertama adalah baju kurung, dan kedua adalah kebaya,” jelasnya.

Cara membedakan antara baju kurung dan kebaya ternyata ada pada kancingnya. Busana dengan kancing di depan adalah kebaya. Sedangkan baju kurung ditandai dengan kancing di belakang.

“Nah ibu Iriana mengenakan baju kurung dengan kain. Dan ibu Mufidah Kalla (Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla) mengenakan kebaya dan kain,” jelas Sonny.

Sonny juga memuji sanggul atau gaya kerudung yang digunakan para istri pejabat dan ibu negara. Riasan mereka dinilai memesona dan tak berlebihan.

“Coba lihat tatanan rambutnya sudah tidak berlebihan kan. Tak ada lagi yang pakai sasak. Sanggulnya lebih turun, enggak ada yang tinggi lagi. Begitu juga kerudungnya tidak berlebihan,” jelasnya. (jwp/rd)

 

Iriana Jokowi

Iriana Jokowi memadukan baju kurung warna putih dengan detail rumbai bordir di bagian bawah. Ibu negara dengan 3 orang anak itu memadukannya dengan kain tradisional dengan motif kawung serta disesuaikan dengan kainnya. Tak lupa agar lebih cantik, ibu negara menggunakan perhiasan mutiara di leher dan telinganya. Ditambah dengan lipstik warna merah sedikit ungu menambah keanggunan di balik wajah ibu negara.

Mufidah Kalla

Mengenakan kebaya dengan warna hijau pandan membuat Mudifah Jusuf Kalla nampak bersahaja. Kebaya tersebut juga lebih terkesan mewah dengan full bordir di bagian tengah. Dengan padu padan kerudung warna cokelat dan kain warna merah, membuat istri Jusuf Kalla semakin anggun.

Serviati Oesman

Istri Politisi Oesman Sapta Odang, Serviati Oesman, lebih memilih tampil dengan warna cerah. Oranye menjadi pilihannya dengan padu padan kain tenun songket dan selendang tenun sutera yang senada. Kerudungnya juga disesuaikan dengan warna kebayanya dengan nuansa full bordir.

Soraya Mohamad Ali

Istri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Soraya Mohamad Ali, lebih memilih warna putih untuk tampil pada edisi kali ini. Dia semakin anggun dengan nuansa pink putih pada kain yang dikenakannya. Istri Zulkifli Hasan menampilkan inner warna putih yang dibalut dengan baju kurung semi tunik full bordir berbahan sutera. Dia juga memilih kerudung berwarna putih.

Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani berjalan bersama diikuti istri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid dan anaknya Yenny Wahid, sebelum mengikuti Sidang Tahunan, di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). FOTO : Jawapos.com

 

Puan Maharani

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani kompak mengenakan busana warna merah. Dia tak mengenakan kebaya tetapi tetap menggunakan kain dan busana atasan yang menarik. Dipadukan dengan sanggul, anting mutiara, dan juga sepatu sandal heels warna hitam membuatnya anggun.

Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri semakin bersahaja dengan gaya busana mengenakan kebaya kutubaru. Berbeda jenis warna merah yang dikenakan anaknya (Puan Maharani), warna merah pada kebaya Megawati jauh lebih lembut. Kain yang digunakan juga bermotif hampir senada dengan selendangnya. Tak lupa dia memberikan bross untuk pemanis pada kebayanya.

Yenny Wahid

Politisi Yenny Wahid mengenakan kebaya merah dengan bahan bordir bunga. Detail bunga juga lebih banyak di area bawah kebayanya. Yenny memadukannya dengan kerudung putih untuk memberi kesan nuansa merah putih pada penampilannya. Yenny datang bersama ibundanya, Sinta Nuriyah yang memilih busana warna hijau.