MANUNGGAL RAKYAT : Personel Kikav1/ESC Kostrad sedang membersihkan sampah di lingkungan RT04/09 Kelurahan Tugu, Cimanggis. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MANUNGGAL RAKYAT : Personel Kikav1/ESC Kostrad sedang membersihkan sampah di lingkungan RT04/09 Kelurahan Tugu, Cimanggis. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TUGU  – Sebagai  bentuk kepeduliannya terhadap daerah binaan, Kompi Kavaleri 1 Elang Setya Cakti (Kikav1/ESC) Kostrad selalu rutin memantau kondisi lingkungan daerah binaanya. Salah satu faktor yang kerap di soroti Kikav1/ESC Kostrad adalah masalah kebersihan daerah binaan.

Basiter Kikav1/ESC Kostrad, Serda Yayat mengatakan, mereka rutin memantau kebersihan lingkungan daerah binaanya, salah satunya derah binaan di RT04/09, Kelurahan Tugu, Cimanggis. Di sana pihaknya bukan saja memantau tetapi turun langsung untuk membersihkan lingkungan itu dari berbagai sampah yang mengotorinya.

“Kami menerjunkan 10 orang personel untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan RT04/09 Kelurahan Tugu, dari sampah yang berserakan,” kata Yayat, Selasa (6/8).

Ia menjelaskan, kegiatan itu dilakukan pihaknya sebagai wujud rasa perduli kepada warga binaan serta memberikan contoh agar selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan wujud karya bakti kami bagi lingkungan binaan kami,” bebernya.

Meski demikian, dia juga berharap agar para warga binaan dapat menjaga kebersihan lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena dapat merugikan diri mereka sendiri.

“Jika lingkungan tempat tinggal kita kotor, itu akan membuat munculnya berbagai macam penyakit yang dapat mengancam kesehatan warga,” ujarnya.

Sementara, Lurah Tugu, Abdul Mutolib mengaku mengapresiasi kegiatan karya bakti yang dilakukan jajaran Kikav1/ESC Kostrad di wilayahnya. Menurutnya kegiatan tersebut semakin membuktikan bahwa TNI adalah manunggal rakyat.

“Kami sangat berterima kasih atas ketersediaan anggota Kikav1/Kostrad dalam membantu kami untuk membersihkan lingkungan,” katanya.

Ia berharap para anggota Kikav1/ESC Kostrad selalu diberi kesehatan dan perlindungan dalam melaksanakan tugasnya baik dalam masa non perang maupun dalam masa perang.

“Semoga TNI semakin jaya, dan pasukan Kikav1/ESC selalu professional dalam mengemban tugasnya,” pungkasnya. (dra)