PASUKAN TERLATIH : Anggota Kikav1/ESC Kostrad saat melaksanakan misi latihan rutin mereka dengan menggunakan ranpur Panser Anoa. FOTO : ISTIMEWA
PASUKAN TERLATIH : Anggota Kikav1/ESC Kostrad saat melaksanakan misi latihan rutin mereka dengan menggunakan ranpur Panser Anoa. FOTO : ISTIMEWA

 

Kompi Kavileri 1 Elang Setya Cakti (Kikav1/ESC) Kostrad, di Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Ciamanggis, sudah malang melintang dalam melaksanakan tugas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Baik tugas dalam masa perang maupun dalam masa non perang selalu diselesaikannya dengan baik.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

RADARDEPOK.COM – Komandan Kikav1/ESC Kostrad, Kapten Kav. Bayu Trismahandi sesekali keluar dari ruangannya untuk memonitor kegiatan yang tengah berlangsung di sana. Satu persatu anggotanya yang melintas memberi hormat padanya.

“Cakra!” suara anak buahnya lantang sembari menghormat saat berpapasan dengan Kapten Bayu, sapaanya.

Setelah berkeliling sekira dua menit, Kapten Bayu kembali masuk ke ruangannya dan duduk di kursinya itu. Tak memerlukan waktu yang lama, hanya sekilas tegukan kopi hitam yang tersedia di mejanya, dia kembali menceritakan sejarah kesatuan yang saat ini dipimpinnya.

Dia mengatakan, sejak awal berdirinya, Kikav1/ESC Kostrad sudah beberapa kali melakukan tugas pertempuran maupun yang bukan pertempuran, diantaranya, pada tahun 1976, Kikav1/ESC Kostrad memiliki tugas operasi di Timor Timur, tahun 2002 melaksanakan tugas operasi di Aceh.

“Tahun 2003, sembilan personel kami melaksanakan tugas sebagai kru kendaraan tempur VVIP mengawall Kasad pada saat itu di wilayah konflik Aceh,” terangnya.

Menurutnya, kebanyakan tugas tempur Kikav1/ESC Kostrad yang suah dijalani rata – rata dilakukan di Aceh mengingat saat itu situasi di sana  kurang kondusif.

“Selanjutnya pada tahun 2008 enam orang personel kami di kirim ke Lebanon untuk bergabung dengan Satgas Unit Force Pritection TNI misi Unifil PBB,” bebernya.

Mengingat saat ini sudah bukan waktu perang, Kikav1/ESC Kostrad tetap setia melaksanakan tugasnya dengan baik, yaitu melakukan kegiatan dalam masa non perang seperti melakukan kegiatan bakti sosial ke masyarakat atau yang mereka sebut dengan karya bakti.

“Kami rutin melakukan karya bakti, utamanya di daerah binaan kami, di wilayah Kecamatan Cimanggis, dan Kalisari Jakarta Timur,“ ucapnya. (bersambung)