KOMPAK : Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok UPT Cipayung saat berusaha memadamkan api di sebuah rumah kontrakan yang berada di lantai 2, Jalan Taruna Jaya, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jumat (30/8). FOTO : ARNET/RADARDEPOK
KOMPAK : Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok UPT Cipayung saat berusaha memadamkan api di sebuah rumah kontrakan yang berada di lantai 2, Jalan Taruna Jaya, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jumat (30/8). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Akibat korek api, rumah milik Sani, di Jalan Taruna Jaya RT 02/01 Kelurahan/Kecamatan Cipayung, ludes dilahap api. Ditenggarai kerugian mencapai Rp10 juta, karena sejumlah barang elektronik yang ikut terbakar, Jumat (30/8)

“Luas sekitar 30 meter, terkendala jalannya yang sempit tapi alhamdulilah personil bisa nanganin,” kata Komandan Regu B UPT Pemadam Kebakaran Cipayung, Edi Wahyudi.

Barang elektronik yang hangus, antara lain TV, DVD player, dan lainnya. Dalam mengevakuasi api agar tak membesar, enam personil diterjunkan ke lokasi beserta satu unit mobil berkapasitas 4000 liter.

“Sekitar 20 menit aman bisa diamankan dan tidak menjalar ke bangunan sebelah. Kami dilaporkan ke pihak RT sekitar pukul 14:14 WIB.” tambah Edoy, sapaannya.

Sampai saat ini petugas masih belum menyatakan resmi bagaimana korek api dapat membakar sebuah rumah yang menghabiskan seisi barangnya.

Sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mencatat sudah terjadi 70 peristiwa kebakaran sepanjang Januari hingga Agustus 2019. Adapun yang menjadi penyebabnya karena korsleting listrik. Kasus tertinggi menimpa tempat tinggal. Dengan menghanguskan sebanyak 23 rumah.

Peristiwa kebakaran paling banyak terjadi pada Juli yakni 26 kejadian. Di antaranya tujuh rumah, lima kios usaha, dan 14 lokasi lainnya berhasil menjadi amukan si jago merah. Lalu sebanyak 15 kebakaran terjadi di Juni. “Selain arus pendek, biasanya kebakaran juga disebabkan karena tabung gas,” jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana.

Gandara menyebut, pada tahun ini ada penurunan jumlah peristiwa kebakaran di Kota Depok.

“Walaupun ada penurunan, dirinya meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat di dalam ruangan. Baik itu rumah atau kios,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya