Megawati Soekarnoputri (kedua dari kanan) malam ini dikukuhkan menjadi Ketum PDIP. FOTO : JAWA POS
Megawati Soekarnoputri (kedua dari kanan) malam ini dikukuhkan menjadi Ketum PDIP. FOTO : JAWA POS

 

BALI – Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menginginkan Megawati Soekarnoputri bisa memimpin kembali partai berlogo banteng untuk lima tahun mendatang. Seperti yang dikatakan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, ‎merujuk pada Konferensi Cabang di 514 kabupaten dan Konferensi Daerah di 34 provinsi di Indonesia, semuanya masih menginginkan Megawati kembali menjadi orang nomor satu di PDIP.

“Semua manyampaikan aspirasi arus bawah yang mengendaki Ibu Mega sebagai ketua umum,” ujar Hasto di Grand Inna Beach Hotel, Bali, Kamis (8/8).

Pria kelahiran Jogjakarta itu mengatakan, rancananya pada malam nanti sekira pukul 21.00 WITA, Megawati Soekarnoputri akan dikukuhkan atau didapuk kembali menjadi ketua umum PDIP. Mega melanjutkan kepemimpinannya selama lima tahun mendatang.

“Pada malam hari nanti sesuai dengan jadwal acara direncanakan untuk pengukuhan kembali Ibu Megawati sebagai ketua umum,” katanya.

Sementara itu, adanya wacana struktur baru seperti ketua harian atau wakil ketua umum, Hasto mengatakan itu akan dibahas dalam rapat komisi yang agendanya adalah merancang AD/ART PDIP. “Nanti pembahasan AD/ART akan dirancang keputusan. Bagaimana aspirasi keputusan itu akan didengarkan,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Megawati Soekarnoputri sudah 20 tahun menjadi Ketua Umum PDIP. Awal mula putri dari presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, menjadi ketua umum pada Maret 1999. Kala itu Megawati membentuk partai dengan nama PDIP.

Dengan demikian bila Megawati Soekarnoputri terpilih kembali menjadi ketua umum PDIP, dia sudah 25 tahun menjadi pimpinan pucuk tertinggi partai berlambang kepala banteng tersebut. Ini merupakan prestasi tertnggi karena menjadi ketua umum terlama sebuah partai di Indonesia.‎ (jwp/rd)