PENDAPAT : Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso (kedua dari kiri) mendukung penuh pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur. FOTO : JAWA POS
PENDAPAT : Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso (kedua dari kiri) mendukung penuh pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur. FOTO : JAWA POS

 

JAKARTA – Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur mendapatkan respon positif dari Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso. Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1997 sampai 2007 tersebut berpendapat, wacana  pemindahan sudah bergulir sejak lama, dan belum terealisasi karena persoalan biaya yang besar.

“Kalau pemerintah sekarang menganggap sudah punya biaya, kita dukung. Kenapa tidak,” ujar Bang Yos-sapaan-, di DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8).

Bang Yos menambahkan, melihat kondisi Jakarta saat ini sudah sangat terbebani. Selain sebagai pusat pemerintahan, juga sebagai pusat ekonomi, budaya, pendidikan, dan keberagaman. Hal itu yang menyebabkan persoalan banyak muncul di Jakarta.

Sebut saja seperti kemacetan, polusi udara, kesenjangan ekonomi, pemukiman kumuh, hingga kriminalitas. Sementara itu, menyelesaikan masalah tersebut tidaklah mudah. Terbukti sampai sekarang Jakarta tak lepas dari persoalan-persoalan tersebut.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan lokasi ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Pengumuman itu disampaikan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

“Lokasi paling ideal adalah di bagian Kabupatan Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Jokowi. (jwp/rd)

 

Editor : Pebri Mulya