AKTIF : Sejumlah anak membaca buku di Taman Baca Kedaung diwilayah Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Senin (26/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

 

AKTIF : Sejumlah anak membaca buku di Taman Baca Kedaung diwilayah Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Senin (26/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

 

Kota Depok dipenuhi gerakan kemasyarakat yang dikelola pemuda untuk menuai hasil positif. Salah satunya Taman Baca Kedaung (TBK) yang berada diwilayah Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan. Keberadaan TBM mengajak masyarakat khususnya anak dan pemuda gemar membaca. Bahkan TBK telah menelurkan buku dari hasil pemikiran pengelola TBK.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

 

RADARDEPOK.COM, – Sejumlah anak tampak serius membaca buku di TBK. Pengurus TBK memberikan arahan kepada anak tentang buku bacaan yang menarik dan menambah wawasan anak.

Pengelola TBK, Baldan Fathullah mengatakan, menambah wawasan anak tidak hanya didapatkan dari sekolah, namun anak dapat menambahkan wawasan pengetahuan dari membaca. Atas dasar terebut, pihaknya mendorong dan mendirikan TBK sebagai fasilitas anak membaca buku pengetahuan.

“Kami ingin mendorong anak untuk gemar membaca dari pada bermain gawai,” ujar Baldan.

Baldan mengungkapkan, melihat anak gemar membaca buku mendorong pengelola TBK untuk membuat tulisan dari pemikiran pengelola TBK sehingga tersalur menjadi sebuah buku. Untuk menerbitkan buku tersebut, pihaknya melakukan perumusan naskah dalam waktu seminggu.

Diakuinya, penulis buku tersebut bukan orang handal atau berkompeten dalam penulisan, namun pihaknya ingin mengeluarkan gagasan dan pemikiran dalam menggerakan literasi ditengah masyarakat.

Tidak hanya itu, lanjut Baldan TBK akan melakukan evaluasi dan merespon terkait masukan dari isi buku tersebut dan tidak berhenti membuat buku dari gagasan pengelola TBK. Baldan menginginkan dengan terbitnya buku, menjadi motivasi pengelola untuk memperluas gerakan literasi diwilayah Kedaung maupun sekitarnya.

“Terbitnya buku TBK Punya Karya menjadi pelecut semangat pengelola TBK,” tutup Baldan. (rd)

 

 

Editor : Pebri Mulya