FOTO : ISTIMEWA
FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan. Salah satunya pelayanan untuk pemeriksaan rutin ketika hamil hingga melahirkan. Seperti yang telah dirasakan oleh Rafika Rahmania, peserta JKN-KIS asal Kota Depok.

Rafika mengaku, pengobatan dengan menggunakan kartu JKN-KIS sangat bagus dan seluruh biaya pengobatan pun ditanggung. Alhasil ia tak perlu mengeluarkan biaya lagi saat berobat.

“Selama masa kehamilan saya, saya rutin periksa di Puskesmas pakai kartu JKN-KIS. Begitu juga waktu melahirkan, saya juga pakai kartu JKN-KIS. Alhamdulillah proses persalinan saya berjalan dengan lancar,” ujar Rafika, Senin (19/08).

Rafika mengungkapkan bahwa selama pemeriksaan kehamilan hingga proses melahirkan, ia selalu dilayani dengan sangat baik oleh petugas di Puskesmas. Menurutnya pelayanan yang diberikan kepadanya tidak ada bedanya dengan pasien lainnya yang tidak menggunakan JKN-KIS. Menurutnya tidak ada diskriminasi sama sekali. Bahkan ia dapat dilayani dengan cepat.

“Dari awal kehamilan hingga melahirkan, perawatan dan pengobatan saya lebih terjamin dengan adanya JKN-KIS. Saya berharap nantinya semua fasilitas kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani masyarakat sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik,” ujarnya.

Kini Rafika semakin yakin dan merasa bangga menjadi peserta JKN-KIS. Ia pun berharap agar Program JKN-KIS terus ditingkatkan, karena menurutnya program tersebut sangat membantu masyarakat seperti yang telah ia rasakan sendiri.

Ia mengajak kepada semua masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS sehingga memiliki jaminan perlindungan diri. “Dengan konsep gotong royong dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, maka partisipasi aktif dari para peserta JKN-KIS sangat dibutuhkan agar Program JKN-KIS tetap berjalan dengan optimal,” pungkasnya. (*)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani

Editor : Pebri Mulya