DILONGOK : Walikota Mohammad Idris mengunjungi panggung gembira RW12, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Minggu (25/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK
DILONGOK : Walikota Mohammad Idris mengunjungi panggung gembira RW12, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Minggu (25/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PONDOKPETIR – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berupaya untuk meminimalisir wilayah potensi banjir di Kota Depok, salah satunya di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari. Pemkot Depok sedang melakukan penataan Kali Angke untuk mencegah banjir disepanjang aliran tersebut.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pemerintahannya terus berbenah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk mengatasi banjir. Salah satu fokus pembenahan, yakni Kali Angke diwilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Penataan Kali Angke untuk menampung debit air yang terinteraksi dengan bendungan Mas Yono diwilayah Curug.

“Nantinya air melalui kali Angke akan tertampung di bendungan Mas Yono, sehingga dilakukan pengaturan dibendungan,” ujar Idris saat menghadiri panggung gebira RW12 Kelurahan Pondok Petir.

Idris menjelaskan, air yang tertampung didalam bendungan akan diatur, sehingga saat musim penghujan volume air akan berkurang saat melintas di wilayah Villa Pamulang RW12. Dengan begitu air tidak akan meluap ke pemukiman masyarakat RW12 sampai kebanjiran. Idris mengajak dan berkolaborasi dengan masyarakat untuk membenahi dan mencegah terjadinya banjir diwilayah Kota Depok.

Sementara itu, Lurah Pondok Petir, Rizal Farhan menuturkan, ikut peduli terhadap lingkungan tempat tinggal. Menurutnya, upaya yang dilakukan Pemkot Depok akan berjalan dengan maksimal, apabila seluruh elemen masyarakat ikut berperan serta membantu pencegahan terjadinya banjir dilingkungan masyarakat.

“Jangan hanya mengandalkan pemerintah namun peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, minimal dalam upaya pencegahan,” tutup Rizal. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya