HADIR : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna (tiga dari kiri) bersama komisioner dan jajaran Sekretariat KPU Kota Depok saat menghadiri Rakor Pemilihan Serentak Kepala Daerah 2020 di Yogyakarta. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

HADIR : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna (tiga dari kiri) bersama komisioner dan jajaran Sekretariat KPU Kota Depok saat menghadiri Rakor Pemilihan Serentak Kepala Daerah 2020 di Yogyakarta. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – KPU Kota Depok dan Pemkot Depok diharapkan dapat melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah ( NPHD) maksimal 1 Oktober 2019. Langkah ini guna menyelaraskan program dan tahapan yang tertuang dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2019. Adapun aturan itu berisi tentang tahapan Pilkada Depok 2020.

“Kami KPU Kota Depok dari 23-25 Agustus menghadiri Rakor persiapan Pilkada di Yogyakarta, bersama beberapa KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada pada 2020,” Kata Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna kepada Radar Depok, Senin (26/8).

Dalam Rakor tersebut, lanjut Nana, pihaknya ditekankan untuk mencermati dan menghitung kebutuhan anggaran. Karenannya, KPU Kota Depok pun diminta untuk mencermati kembali anggaran yang pernah diajukan ke Pemkot Depok.

“Di antara item yang harus dicermati, terkait kebutuhan yang ada dalam tahapan, kaitannya sosialisasi, fasilitasi kampanye dan kegiatan lainnya,” lanjutnya.

Selain itu, KPU Kota Depok juga diminta untuk terus menjalin koordinasi yang baik dengan TAPD dan Banggar DPRD Kota Depok. Sehingga, harapan KPU RI, di tingkat KPU Kabupaten/Kota sudah dapat melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daeah (NPHD) paling lambat 1 Oktober.

“Karena itu, kami berharap dalam hal ini kepada Pemkot Depok agar dapat bersama melaksanakan tahapan itu sesuai dengan PKPU nomor 15 tahun 2019,” katanya.

Kemudian, untuk mewujudkan Pilkada Kota Depok yang sukses tanpa ekses, pihaknya pun diminta untuk menjalin kekompakan baik di internal KPU Kota Depok maupun Bawaslu Kota Depok dalam tiap tahapan.

“Ini harus dijaga kekompakan, karena dimulai dari internal dulu, bagimana menciptakan kebersamaan dan kekompakan demi tujuan yang sama, yakni mewujudkan Pilkada Kota Depok yang bersih, jujur, adil dan demokratis. Kami sebagai penyelenggara tentunya berharap seperti itu,” ucap Nana. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya