PENGGANTI: DPC PKS Beji akan menggunakan besek sebagai wadah untuk daging kurban yang dibagikan ke masyarakat. FOTO : RICKY/RADARDEPOK
PENGGANTI: DPC PKS Beji akan menggunakan besek sebagai wadah untuk daging kurban yang dibagikan ke masyarakat. FOTO : RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ramainya kampanye tidak menggunakan kantong plastik untuk daging di momen Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, juga merambah ke DPC PKS Beji. Partai politik berbasis Islam tersebut, akan menaruh daging kurban yang dibagikan ke masyarakat dengan menggunakan besek.

Besek dengan stiker berlambang partai bulan sabit kembar itu, bertuliskan ‘DPC PKS Beji, Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Berbagi Kebahagiaan untuk Sesama, Ayo Lebih Baik’ sudah disusun rapi pengurus’.

Humas DPC PKS Beji, Wachid Solichin mengatakan, besek tersebut digunakan untuk menaruh daging hewan kurban, dimana sebelumnya menggunakan kantong plastik.

“Kami mengurangi penggunaan plastik untuk menekan sampah plastik di Kota Depok, khususnya di Kecamatan Beji,” kata Wachid, Sabtu (10/8).

Hal ini, sambung Wachid, sesuai dengan surat edaran Walikota Depok Nomor 658.1/368- DLHK tentang pengurangan sampah pada saat pelaksanaan Idul Adha.

Sebab, salah satu sampah yang dikurangi penggunaannya adalah sampah plastik yang digunakan untuk membungkus daging hewan kurban. Sebagai gantinya, walikota menyarankan membungkus daging hewan kurban dengan menggunakan besek yang terbuat dari daun-daunan yakni besek dari bambu, besek daun jati, besek daun pandan, besek daun kelapa, besek daun pisang yang lebih ramah lingkungan.

“Kalau kami menggunakan besek. Ini lebih efisien dan aman ketika dikemas dan serahkan ke masyarakat,” pungkasnya. (cky)