Pulau Jawa beberapa hari belakangan ini sedang dilanda udara dingin di malam dan pagi hari. FOTO : ILUSTRASI
Pulau Jawa beberapa hari belakangan ini sedang dilanda udara dingin di malam dan pagi hari. FOTO : ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Kalian semua merasa tidak sih jika beberapa hari belakangan ini suhu udara di pagi hari terasa sangat dingin dan beda dengan hari-hari biasanya?

Yaps benar, suhu di Pulau Jawa memang terasa lebih dingin Bahkan hastag #dingin di Twitter sempat menjadi trending topic.

Lantas apa penyebab Pulau Jawa belakangan ini diselimuti suhu dingin?

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra akhirnya angkat bicara terkait hal ini.

Ia mengungkapkan, jika fenomena ini diperkirakan akan berlangsung hingga September mendatang. Hal itu karena pada September Indonesia akan mengalami peralihan musim pada Oktober dan November 2019.

Adapun penyebab dinginnya suhu di Pulau Jawa itu adalah dry intrusion atau intrusi udara kering dan dingin yang melanda Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Udara kering itu sendiri sebenarnya datang dari negara Australia yang memang saat ini tengah mengalami musim dingin.

Lantas, angin mendorong udara dari barat ke timur, sehingga udara dingin dari Australia tadi terdorong ke beberapa daerah di Indonesia.

Suhu dingin yang terjadi di Indonesia belakangan ini terjadi pada dini hari menjelang pagi, yakni sekitar pukul 02.00 dini hari hingga pukul 07.00 pagi.

Puncaknya terjadi pada pukul 03.00 sampai 05.00 dini hari. Sedangkan siang hari, suhu di Indonesia masih akan tetap panas seperti biasa.

Selain dry intrusion, faktor lain yang menyebabkan dinginnya udara di Pulau Jawa adalah tidak adanya awan karena tidak ada hujan.

Gimana apa kalian merasakan dingin pagi hari yang berbeda? Jangan khawatir itu merupakan efek dry intrusion ya. (pojoksatu.id/rd)