SOSIALISASI: Sanitarian UPF Puskesmas Cipas, Siti Muslimah Rahim sedang memaparkan materi sanitasi kepada stakeholder Kelurahan Cipas, di aula kantor Kelurahan Cipas. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
SOSIALISASI: Sanitarian UPF Puskesmas Cipas, Siti Muslimah Rahim sedang memaparkan materi sanitasi kepada stakeholder Kelurahan Cipas, di aula kantor Kelurahan Cipas. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAS – Mengentaskan permasalahan air bersih dan sanitasi di Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggus, UPF Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) menggandeng kader PKK Kelurahan Cipas, Cimanggis mengadakan penyuluhan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sanitarian Puskesmas Cipas, Siti Muflihah Rahim mengatakan, pihaknya terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada para kader agar dapat menindaklajuti kepada masyarakat. Dengan begitu, nantinya diharapkan masyarakat dapat melakukan identifikasi terhadap permasalahan kesehatan lingkungan mereka.

“Kami melakukan upaya ini untuk percepatan sanitasi total berbasis masyarakat. Dengan begitu, ke depannya penyediaan air bersih dan sanitasi dapat terpenuhi secara optimal,” katanya kepada Radar Depok.

Wanita yang akrab disapa Liha ini menjelaskan, guna mewujudkan penyediaan air bersih dan sanitasi perlu dilakukan beberapa hal. Antara lain pengelolaan sampah yang baik, pengelolaan limbah yang sesuai dengan standar, maupun meminimalisir penggunaan jamban.

“Dengan pengelolaan yang baik di masyarakat, ketersediaan air bersih bisa tetap terjaga,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui peran serta kader PKK dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mendukung percepatan sanitasi total berbasis masyarakat. Mengingat, kader memiliki kedekatan dengan masyarakat dalam mendukung berbagai program pembangunan Kota Depok.

“Semoga semakin banyak masyarakat yang berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang sehat dengan penyediaan air bersih. Selain juga penggunaan sanitasi yang baik, serta perilaku higienis,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya