PELAYANAN : Petugas medis UPF Puskesmas Harjamukti sedang melakukan kegiatan penimbangan anak di sebuah Posyandu. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
PELAYANAN : Petugas medis UPF Puskesmas Harjamukti sedang melakukan kegiatan penimbangan anak di sebuah Posyandu. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, HARJAMUKTI – Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Harjamukti, Cimanggis siap untuk menyukseskan pemberian obat cacing dengan sasaran anak balit, usia prasekolah hingga usia Sekolah Dasar (SD) di Kelurahan Harjamukti.

Untuk itu, pihak UPF Puskesmas Harjamukti gencar mensosialisasikan Pemberian Obat Pencegah Masal (POPM) Kecacingan kepada kader PKK di Kelurahan Harjamukti lewat kegiatan rapat koordinasi (Rakor) yang diadakan Kelurahan Harjamukti.

Kepala UPF Puskesmas Harjamukti, Rahma Dewi mengatakan, sosialisasi tersebut diberikan karena para kader PKK nantinya akan turut serta dalam kegiatan pemebrian obat cacing kepada masyarakat lewat kegiatan Posyandu sehingga peran kader PKK cukup besar untuk kesuksesan kegiatan ini.

“Kami minta kader ikut menyukseskan karena mereka akan memberikan obat cacing saat kegiatan penimbangan bayi balita di Posyandu,” tutur Rahma kepada Radar Depok, Selasa (6/8).

Ia menjelaskan, untuk memperbesar persentase kesuksesan POPM, pihaknya akan menyasar berbagai tempat selain melalui Posyandu, seperti ke sekolah-sekolah di Harjamukti, karena, target pemberian obat cacing dimulai dari usia 12 bulan hingga 12 tahun.

“Untuk memaksimalkan jangkauan pemberian obat, kami juga akan menyambangi sekolah – sekolah,” bebernya.

Rahma menambahkan, saat ini Puskesmas Harjamukti masih menunggu distribusi obat cacing dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok. Jika Dinkes sudah mendistribusikan obat tersebut, maka tenaga kesehatan di Puskesmas akan mulai membagikan ke semua bayi dan balita.

“Saat ini masih menunggu obatnya tersedia di Puskesmas Harjamukti,” pungkasnya. (dra)