PENJUALAN HEWAN KURBAN : Pekerja saat memberikan pakan kepada hewan kurban jenis Sapi Bima di kawasan Jalan KSU Raya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
PENJUALAN HEWAN KURBAN : Pekerja saat memberikan pakan kepada hewan kurban jenis Sapi Bima di kawasan Jalan KSU Raya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, Qonita Luthfiyah mengimbau kepada warga Depok untuk memberikan kurban terbaik pada Idul Adha 1440 Hijriah. Menurut Qonita, kurban adalah salah satu ibadah yang dinanti untuk umat muslim Indonesia.

“Memilih hewan kurban terbaik membutuhkan kecermatan dan ketelitian,” kata Qonita kepada Radar Depok, Jumat (8/9).

Untuk itu, sambung Qonita, pada perayaan Idul Qurban, masyarakat membeli hewan kurban untuk beribadah dan saling berbagi kepada masyarakat yang berhak. hewan kurban yang dibeli haruslah sehat dan baik sehingga manfaatnya dapat diterima masyarakat.

“Selain itu harus sesuai dengan syariat Islam, jangan ada pengecualian untuk hewan kurban,” paparnya.

Dari segi kesehatan dan kelayakan hewan kurban, Qonita meyakini jika Pemkot Depok melalui dinas terkait telah melakukan upaya untuk menjamin hal tersebut, seperti pengecekan hewan kurban dari peternak hingga penjual yang ada di beberapa titik di Kota Sejuta Maulid.

“Seperti pengecekan kesehatan dan pemberian label sehat. Itu saya lihat sudah dilakukan,” terangnya.

Namun, kebersihan dan perawatan hewan kurban semasa penjualan dan pertumbuhan harus terjamin. Hewan kurban dengan tubuh sehat berasal dari kandang yang rapi, bersih, terjaminnya makanan serta air bagi hewan. Sebelum memutuskan membeli hewan pastikan tempat penjualan telah menjamin kesehatan hewan kurban. “Tentunya bagi yang ingin berkurban, harus memberikan hewan kurban terbaik untuk disembelih pada perayaan Idul Adha nanti,” ucap Qonita.

Ia pun mendoakan kepada saudara sesama umat muslim yang melaksanakan Ibadah Haji, agar diberikan kelancaran, kemudahan dan ibadahnya dapat diterima Allah SWT.

“Semoga jadi haji mabrur dan kembali dengan selamat ke tanah air, bertemu dengan sanak famili dan kerabatnya lagi,” pungkasnya. (cky)