Anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono.
Anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono.

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono mengatakan, rakyat berharap kepada anggota dewan terpilih pada Pemilu 2019, baik yang sudah dilantik maupun yang akan dilantik dalam waktu dekat untuk periode 2019-2024.

Kepada Radar Depok, petahana yang kembali terpilih di DPRD Jabar ini menjelaskan, sesuai siklus 5 tahunan Pemilu menghasilkan anggota dewan yang akan dilantik dalam waktu dekat ini.

Bahkan di beberapa daerah sudah ada yang dilantik, seperti DPRD Kota Bandung 5 Agustus lalu. Sedangkan, Kota Depok informasinya akan dilantik 3 September, berbeda sehari dari DPRD Jabar pada 2 september.

“Rakyat telah memilih, mungkin banyak harapan terhadap para anggota dewan. Wakil Rakyat juga akan bersiap-siap untuk menunaikan janji kampaye yang mungkin pernah disampaikan pada waktu kampanye,” kata Imam Budi Hartono.

Politikus yang akrab disapa IBH Ini mengungkapkan, banyak masyarakat, bahkan anggota dewan mungkin belum paham tentang kewenangan dan ruang lingkup kerja mereka. Sebag, lembaga legislatif sangat berbeda dengan eksekutif. Sesuai dengan UU no 17 / 2014 ttg MD3 legislatif punya kewenangan terbatas.

“Tugas pokok dan fungsinya dalam 3 hal, yakni pembuat Perda (legislasi), perencanaan anggaran (budgeting) dan pengawasan kerja eksekutif (controling),” ungkapnya.

Sementara, sambung IBH, eksekusi atau pelaksanaannya dilakukan eksekutif, dalam hal ini kepala daerah. Sementara, DPRD Kota/Kabupaten atau DPRD Provinsi mempunyai kewenangan yang terbatas. Dimana, cara kerjanya diatur Kementerian Dalam Negeri melalu Peraturan Pemerintah (PP).

“Jadilah DPRD itu Dinas Perwakilan Rakyat Daerah. Menyedihkan memang, ibarat macan buntutnya dipegang tak bisa dia lari hanya mengaum-ngaum sementara kijang tetap jalan tenang ya terkadang berlari walau sebentar. Terkadang macan merayu kijang agar dibawakan minum karena haus mengaum. Kakinya terikat kuat tak bisa berlari bahkan tak bisa berjalan,” pungkas IBH. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya