Sahat Farida Berlian.
Sahat Farida Berlian.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Sahat Farida Berlian mengapresiasi langkah yang dilakukan komunitas Depok Beragam, yang akan memperingati HUT ke-74 RI dengan mengenalkan sejarah Kota Depok.

Kepada Radar Depok, Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 24 Agustus. Agendanya jalan-jalan sejarah Depok tempo dulu.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, sebagai upaya menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya dan sejarah di Kota Depok. Terutama pada kalangan muda,” kata Sahat, Jumat (9/8).

Acara akan dimulai pukul 08:00 WIB, dari situs sejarah Masjid UI sebagai titik kumpul. Kemudian bergerak ke situs sejarah Rumah Pondok Cina, Stasiun Depok Lama dan kawasan kaya sejarah Kerk Straat pusat awal kaum Depok di Jalan Pemuda.

Berdasarkan informasi dari panitia, sambung Sahat, jika dalam beberapa hari belakangan beredar selebaran digital via sosial media bahwa panitia menggalang massa untuk aktivitas di luar menumbuhkan cinta sejarah budaya depok yang beragam, menurut mereka sangat tidak sesuai dengan tujuan kegiatan jalan-jalan sejarah ini diselenggarakan.

“Selebaran ajakan yang beredar bukan dari Panitia Jalan-Jalan Sejarah Depok Tempo Doeloe. Mereka lebih menekankan dan menaruh kepercayaan kepada bagaimana sejarah Depok adalah sumber yang kaya buat kita belajar sebagai warga kota saat ini,” paparnya.

Sahat menambahkan, seperti slogan yang Jas Merah yang digaungkan Bung Karno, masa lalu Depok dalam perjalanannya yang panjang adalah kota multikultural. Bahkan interkultural, saling menghargai dan bekerjasama membentuk kebudayaan bersama.

“Hal inilah yang menjadi fokus panitia, bukan pada kampanye politik, tetapi jauh lebih luas lagi yaitu kebudayaan dan sejarah. Kami ingin belajar dari situs-situs sejarah keberagaman Depok. Melalui semangat inilah mereka bergerak,” pungkasnya. (cky)