KARAKTER : Siswa-siswa SDN Sawangan 1 sedang mengikuti kegiatan Salat Duha bersama-sama di halaman sekolahnya, Rabu (28/08). FOTO : PEBRI MULYA
KARAKTER : Siswa-siswa SDN Sawangan 1 sedang mengikuti kegiatan Salat Duha bersama-sama di halaman sekolahnya, Rabu (28/08). FOTO : PEBRI MULYA

 

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Bagian dari program pembentukan karakter siswa, SDN Sawangan yang berlokasi di Jalan Raya Muchtar, Kecamatan Sawangan mengadakan kegiatan keagamaan siswa sebelum proses kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Kegiatan keagamaan yang digelar, yakni mengadakan salat duha bersama-sama di halaman sekolah.

Kepala SDN Sawangan 1, Suparman mengatakan, kegiatan Salat Duha bersama-sama ini sebelumnya memang sudah menjadi kegiatan rutin di sekolah. Tetapi, untuk pelaksanaannya masih di dalam ruangan saja, dan dilaksanakan bergantian. Kegiatan Salat Duha bersama-sama yang diadakan pada Rabu (28/08), diikuti oleh siswa kelas IV, V, dan VI.

“Kami ingin mengadakannya bersama-sama di halaman sekolah, agar lebih ramai lagi, karena diikuti secara serentak,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (28/8).

Suparman menuturkan, tidak hanya sekedar Salat Duha bersama-sama saja, tetapi Salat Zuhur pun dilaksanakan dengan cara berjamaah, di dalam ruang salat yang ada di SDN Sawangan 1 dengan cara bergiliran. Intinya, itu adalah bagian dari upaya SDN Sawangan 1 dalam pembentukan karakter siswa, dan karakter yang dibentuk adalah karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan.

Tidak hanya itu saja, tetapi SDN Sawangan 1 juga memanfaatkan beberapa kegiatan esktrakulikuler (ekskul) untuk pembentukan karakter siswa, seperti pramuka yang mengajarkan tentang kedisiplinan, kreatifitas, dan kemandrian.

“Sedari dini, siswa harus dibentuk karakternya. Dengan begitu, kelak ketika mereka besar nanti, sudah memiliki benteng diri dari beberapa hal yang sekiranya bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya