KOMPAK : Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok. FOTO : BAWASLU KOTA DEPOK FOR RADAR DEPOK
KOMPAK : Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok. FOTO : BAWASLU KOTA DEPOK FOR RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – 15 Agustus 2019, hari ini, Bawaslu Kota Depok merayakan hari jadinya yang pertama. Untuk itu, lembaga penyelenggara Pemilu tingkat Kota Depok ini diharapkan dapat terus memperkuat sebagai badan pengawas Pemilu yang mengedepankan aspek profesionalitas, jujur adil, dan berintegritas, untuk hadirnya pemilu yang berkualitas dan demokratis.

“Tugas berat akan ada kedepan mengawal Pilkada Kota Depok. Semoga bawaslu dapat mengawal Pilkada yang demokratis. Selamat ulang tahun untuk Bawaslu Kota Depok,” tutur Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah Dahla kepada Radar Depok, Rabu (14/8).

Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini menegaskan, diusia yang masih terbilang belia, Bawaslu Kota Depok terus berkomitmen dalam menjaga Pemilu yang jurdil. Sehingga tercipta Pemilu yang berkualitas. “Tolak money politik dan no hoax. Selamat ulang tahun Bawaslu,” kata Luli.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kota Depok, Sriyono mengatakan, setahun Bawaslu Kota Depok ada beberapa hal yang perlu dioptimalkan, seperti memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap kehadiran Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu agar menghasilkan Pemilu demokratis, berkualitas serta yang lebih penting adalah harus bermartabat.

“Meningkatkan pengawasan partisipatif, yaitu peran serta masyarakat dalam ikut mengawasi jalannya Pemilu, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mentaati peraturan, termasuk kepedulian utk melaporkan ke Bawaslu jika ada indikasi pelanggaran Pemilu dan mengawal sampai tuntas,” kata Sriyono.

Komisioner Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana pun sependapat dengan Sriyono, ia pun mengatakan bahwa kinerja Bawaslu juga sangat dipengaruhi faktor-faktor eksternal, seperti regulasi yang ada, anggaran yang tersedia, sistem Pemilu yang digunakan, kultur masyarakat, sarana prasarana, SDM yang tersedia dan lainnya.

“Masih banyak yang harus dilakukan, seperti meningkatkan solidaritas, pencegahan, kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pemilu yang berkualitas, demokratis, dan bermartabat, meningkat kerjasama dengan lembaga dan instansi terkait, dan terakhir, menyelesaikan sengketa pemilu secara adil dan efektif,” ucap Dede.

Saat dihubungi Radar Depok, Komisioner Bawaslu Kota Depok, Andriansyah mengatakan, di usia 1 tahun ini, Bawaslu Kota Depok harus menjaga marwah sebagai lembaga pengawas Pemilu yang dipercaya masyarakat.

“Kemarin kita telah melaksanakan Pemilu, Alhamdulillah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Bawaslu sangat besar, kita melalui proses itu,” kata Andriansyah. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya