PEDULI LINGKUNGAN : Warga RT003/010, Kelurahan Harjamukti sedang mengangkati sampah yang kerap menyumbat saluran air di sepanjang Jalan Anggrek, dalam rangka kegiatan kerja bakti rutin mereka. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

PEDULI LINGKUNGAN : Warga RT003/010, Kelurahan Harjamukti sedang mengangkati sampah yang kerap menyumbat saluran air di sepanjang Jalan Anggrek, dalam rangka kegiatan kerja bakti rutin mereka. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan tumbuh Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, tepatnya di RT 003/010, Kelurahan Harjamukti.  Sejumlah warga melaksanakan kerja bakti memberihkan lingkungan, baik jalanan maupun saluran air. Tak hanya sampai di situ, mereka juga bertekad untuk mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan tersebut.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di sepanjang Jalan Anggrek, RT003/010, Kelurahan Harjamukti, para warga sedang membersihkan saluran air yang ada di tepi jalan tersebut. Dengan bermodalkan alat seadanya seperti sapu lidi, cangkul, pengki, hingga beberapa perkakas lainnya para warga melaksanakan kegiata kerja bakti mereka untuk membersihkan lingkungan.

Di sela kegiatan, Ketua RT003/010, Kelurahan Harjamukti, Risdiyanto mengatakan, kepedulian terhadap kebersihan lingkungan merambat diwilayahnya. Warga RT003/010, Kelurahan Harjamukti  beserta  pengurus lingkungan melaksanakan Gerakan Masyarakat (Germas) membersihkan lingkungan.

“Kebersihan lingkungan merupakan kunci menjaga lingkungan yang sehat dan bersih, terlebih juga saluran air di jalan ini memang kerap meluap jika hujan karena banyaknya sampah yang menumpuk” ujarnya.

Ia menjelaskan, kerja bakti yang dilaksanakan pihaknya terus dilaksanakan secara berkelanjutan diwilayah tersebut. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir sampah di lingkungan RT003/010, Kelurahan Harjamukti agar wilayah mereka terbebas dari banjir jika musim hujan nanti.

Pria tersebut menambahkan, kerja bakti yang dilakukan pihaknya memfokuskan kegiatan dengan membersihkan lingkungan dari sampah, baik yang berada di jalan lingkungan maupun saluran air.

Tidak hanya itu, ia pun mengajak masyarakat untuk mencegah penyakit DBD. Masyarakat diminta rutin untuk membersihkan tempat penampungan air, maupun tempat yang berpotensi menjadi perkembangbiakan nyamuk.

“Kami ingin lingkungan kami maupun wilayah lain di  Kelurahan Harjamukti terbebas dari penyakit DBD,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya