SENAM : Peserta senam lansia di RW22 Kelurahan Sukamaju, sedang mengikuti gerakan dari instruktur senam.  FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

SENAM : Peserta senam lansia di RW22 Kelurahan Sukamaju, sedang mengikuti gerakan dari instruktur senam.  FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Kesadaran akan pentingnya menjaga kebugaran tubuh mulai tumbuh di lingkungan RW 22 Kelurahan Sukamaju, Cilodong. Terlebih para lansia di sana yang mulai aktif bergerak dengan melakukan kegiatan senam lansia.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di halaman ruko di wilayah RW22, Kelurahan Sukamaju, para warga tampak melakukan kegiatan senam dengan mengenakan pakaian senam. Mayoritas para peserta merupakan warga yang sudah lansia.

Satu sesi pun menguras keringat para warga yang melaksanakan senam pagi itu, peluh membasahi baju yang dikenakan. Beberapa dari mereka masih mengatur nafas yang tersengal-sengal lantaran begitu semangat mengikuti instruktur.

Di jeda istirahatnya, Ketua RW22, Kelurahan Sukamaju, Kusmawan mengatakan mereka sedang melakukan senam lansia bersama seluruh warga.

“Senam ini merupakan olahraga yang paling cocok untuk orang yang sudah berumur, seperti kami ini,” katanya sumringah.

Ia mengungkapkan, senam lansia merupakan kegiatan rutin yang diadakan sebulan sekali di wilayahnya dengan diikuti puluhan peserta dari berbagai RT di wilayahnya. “Selain tidak berat, senam ini juga menyenangkan,” bebernya.

Kusmawan menjelaskan, selain senam lansia, mereka juga kerap mengadakan senam aerobik untuk semua kalangan di wilayahnya.

“Kalau aerobik semua usia bisa ikut, bukan hanya lansia saja,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju, Yolanda yang ikut serta dalam kegiatan senam tersebut mengaku senang dengan adanya senam tersebut. Selain menambah kebugaran tubuh, dia mengaku bisa bertambah dekat dengan warga di sana.

“Senam ini sangat menyenangkan dan menyehatkan,” ujarnya.

Ia berharap agar seluruh warga di wilayah Kelurahan Sukamaju bisa melaksanakan senam juga di lingkungan masing – masing agar seluruh warga bisa terjaga kebugaran tubuhnya.

“Kalau tubuh kita bugar isnya Allah akan sehat juga,” pungkasnya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya