PEMAPARAN : Suasana saat Abdimas Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta di Aula Lantai 2 UPT Puskesmas Sawangan, Jalan Raya Muchtar, No.73, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Sabtu (10/8). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
PEMAPARAN : Suasana saat Abdimas Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta di Aula Lantai 2 UPT Puskesmas Sawangan, Jalan Raya Muchtar, No.73, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Sabtu (10/8). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta memberikan edukasi kepada puluhan ibu hamil di Aula Lantai 2 UPT Puskesmas Sawangan, Jalan Raya Muchtar, No.73, Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan, Sabtu (10/8).

Dosen Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, Erna Harfiani mengatakan, kegiatan ini dalam rangka abdi masyarakat dari Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, yakni berupa penyuluhan dan pelatihan deteksi dini pada ibu hamil.

“Penyuluhan tentang Ante Natal Care (ANC) dan pemanfaatan Toga oleh masyarakat,” kata Erna kepada Radar Depok.

Abdimas ini, sambung Erna dilakukan tiap tahun disamping ada penelitian. Di UPT Puskesmas Sawangan ini, pihaknya memberikan informasi tentang kesehatan. Sehingga, masyarakat lebih tahu dan peduli terhadap kesehatan. Pada kesempatan kali ini, pihaknya menjelaskan mengenai ANC dan pemanfaatan Toga bagi ibu hamil.

“Melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa kedokteran, dan menghadirkan sekitar 26 ibu hamil dari sekitar Puskesmas,” katanya.

Diketahui, sambung Erna, angka kesakitan dan kematian ibu hamil di Indonesia masih tinggi. Bahkan nomor dua di Asia Tenggara dan masih jauh dari target pemerintah. Sehingga, salah satu caranya yang paling ampuh untuk menekan angka tersebut adalah melalui ANC.

Ia menjelaskan, ANC adalah pemeriksaan rutin yang dilakukan ibu hamil, antara waktu konsepsi sampai saat waktu melahirkan. ANC merupakan usaha yang dilakukan untuk mencegah penyebab morbiditas dan mortalitas pada ibu hamil dan anak.

“Ibu hamil diajak untuk melakukan pemeriksaan-pemeriksaan, seperti timbang badan, tensi, penyuntikan toksin tetanus dan lainnya, yang dilakukan secara rutin. Sehingga, terjamin dan terjaga kesehatannya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya juga mengedukasi ibu hamil untuk memanfaatkan Toga, seperti manfaat jahe yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah, bayam merah yang berkhasiat mencegah anemia.

“Anemia adalah masalah terbesar dari ibu hamil, jika itu terjadi maka tumbuhkembang janin dan ibunya sangat kurang optimal. Selain itu berbagai macam Toga lainnya yang bermanfaat untuk ibu hamil,” ucapnya.

Sementara, salah seorang warga yang ikut dalam Abdimas tersebut, Dewi mengatakan, dirinya baru mengetahui tentang ANC dan manfaat Toga bagi ibu hamil. Sehingga, apa yang diberikan dosen UPN Veteran Jakarta sangat bermanfaat bagi dirinya yang tengah mengandung 3 bulan.

“Semoga kegiatan ini bisa rutin dilakukan. Terima kasih atas pengetahuan yang diberikan,” ucap warga Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan tersebut. (cky)

 

Reporter : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya