BARU : Batik Depok yang digunakan siswa-siswa di Kota Depok dapat dibeli bebas dimana saja. FOTO : ISTIMEWA
BARU : Batik Depok yang digunakan siswa-siswa di Kota Depok dapat dibeli bebas dimana saja. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin menghimbau kepada semua sekolah untuk mengenakan Batik Depok. Tetapi, penggunaan Batik Depok tersebut diperuntukan bagi kelas I, sedangkan untuk siswa kelas II sampai VI masih menggunakan batik sekolah.

“Kelas I itu batik baru, jadi menggunakan Batik Depok, sedangkan unutk kelas II sampai VI tetap menggunakan batik ciri khas sekolah. Tetapi, jika rusak atau sudah pudar warnaya, sebaiknya digantikan dengan Batik Depok,” ucapnya kepada Radar Depok.

Thamrin menuturkan, penggunaan Batik Depok di sekolah dilakukan secara bertahap, oleh karena itu baru dimulai dari kelas I. Dan seterusnya di tahun ajaran berikutnya untuk kelas I juga, dan berlaku terus sampai beberapa tahun kemudian, dan akhirnya semua tingkat kelas mengenakan batik depok. Sedangkan, untuk jadwal dikenakannya Batik Depok di sekolah, disesuaikan dengan jadwal di sekolah tersebut.

“Siswa tidak ada yang dipaksakan, mereka bisa bisa membeli Batik Depok dimana saja, karena dijual secara umum. Ini sama halnya dengan baju PDH untuk ASN atau PNS yang dijual dimana-mana,” katanya.

Intinya Thamrin menginginkan dilakukan secara betahap, agar jangan sampai ada sekolah yang memakai dan ada juga yang tidak. Jadi, serentak diberlakukan untuk kelas I terlebih dahulu. Ini adalah bagian dari peningkatan UMKM di Kota Depok. Karena, selama ini Batik Depok memang sudah ada, tetapi tidak tahu siapa yang akan mengenakannya.

“Jadi, ini adalah bagian dari mensosialisasikan Batik Depok kepada masyarakat, melalu batik sekolah yang dikenakan siswa,” katanya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya