Hati-hati, di 10 Titik Jalan Jakarta Ada Kamera ETLE

In nasional, Utama
ILUSTRASI : Penerapan ETLE di Jakarta. FOTO : JAWAPOS.COM

 

JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengambil langkah pasti dalam penegakan hukum di kawasan DKI Jakarta. Sekarang ini di sekitaran jalanan ibu kota ada 1o titik kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang terpasang di jalan tol.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M.Nasir mengataka, saat ini sedang dilakukan uji coba kamera ETLE tersebut. Seperti di Pintu Tol Semanggi dan di Pintu Tol Kuningan. Tetapi, yang menjadi kendala awal adalah kmemapuan kamera untuk  menangkap kendaraan yang melanggar kelebihan muatan masih kurang baik. Sehingga harus ada pembenahan teknis dari pihaknya dan pengelola jalan tol dalam hal ini Jasamarga.

Tidak hanya yang terpasang secara statis, tetapi ada juga pemasangan kamera yang sama canggihnya dengan kamera ETLE di kendaraan yang Patroli Jalan Raya.

“Kita juga menambahkan kamera yang portable yang ada dikendaraan dan kamera bodycamp. Nah, itu juga terkoneksi langsung ke back office, cuma memang masih dalam pengkajian karena kadang error terkait dengan jaringan,” kata dia.

Ia mengatakan, rencananya semua itu akan dilaunching pada tanggal 2 atau 3 Oktober 2019 jika tidak ada kendala. Apabila ada kendala, maka launching terpaksa diundur jadi tanggal 8-10 Oktober. Pihaknya mengaku koordinasi dengan Jasamarga jadi penentu kapan pastinya launching dilakukan.

“Sebanyak 10 titik itu di Jalan Tol Cikampek dua arah itu dua kamera, lalu berikutnya Tol Jagorawi 2 arah 2 titik. Lalu, 1 di Tol Janger, 1 di Jor, lalu berikutnya Wiyoto Wiyono, Bandara (Sedyatmo), lalu berikutnya 1 di Pintu Gerbang Kuningan 1, dan 1 lagi di Gerbang Semanggi 1,” pungkasnya. (jwp/rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   KETIKA anda bilang cinta, maka pasti ada konsekwensinya. Karena setiap ucapan yang

Read More...
ilustrasi PNS ASN indonesia

Ada Lima ASN Positif Covid-19, Berikut Rinciannya

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Mulai menyebarnya Covid-19 di tubuh Apartur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan langkah cepat

Read More...

Mobile Sliding Menu