Imam Turidi : Belimbing Mesti Diperhatikan

In Politika
Foto : Imam Turidi

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Depok, Imam Turidi meminta agar Pemkot Depok memperhatikan dan membuat program positif untuk kelestarian buah belimbing di Depok, yang dahulu dikenal dengan sebutan Kota Sejuta Belimbing.

Wakil rakyat dari Dapil 2 (Beji, Cinere, Limo) ini mengaku, miris dengan keberadaan pembudidaya dan buah Belimbing di Depok. Sebab, tidak ada upaya nyata dalam mendukung salah satu ikon Kota Depok yang dulu begitu digaungkan.

“Harus diperhatikan, itu kan ikon Kota Depok. Jangan sampai hilang dan berubah jadi ikon perumahan. Harus ada intervensi dari pemangku kebijakan untuk melestarikannya,” ungkapnya kepada Radar Depok, belum lama ini.

Upaya perhatiannya sendiri, ia melanjutkan, ada program dan kebijakan terarah dari hulu hingga hilir terkait penanganan belimbing. Dari hulunya, perlu ada pembudidayaan bibit Belimbing. Jika perlu, diberikan secara gratis kepada masyarakat untuk menanam di tiap rumah, kemudian, pelatihan pemeliharaan, pengolahan belimbing menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis.

“Seperti menjadi minuman atau manisan. Banyak yang bisa dilakukan,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Imam, dari pengemasan yang modern dan pemasaran atau promosi dibantu dinas terkait, sehingga, produk olahan belimbing tersebut dapat dikenal, tidak hanya bagi warga Depok, tetapi daerah lain.

“Perlu promosi. Dinas harus sosialisasi dimana lokasi-lokasi yang menjual belimbing, perkebunanannya, atau bahkan outlet yang menjual produk-produk olahan Belimbing. Ini makanya saya sebut perlu kerjasama lintas dinas,” terang IT, sapaannya.

Ia mengungkapkan, Belimbing di Kota Sejuta Belimbing sulit ditemui, malahan perkebunannya beralih fungsi menjadi perumahan. Sehingga lahan Belimbing tersebut benar-benar punah.

“Jangan sampai orang luar Depok datang ke sini niatnya cari Belimbing, tapi malah dapatnya Nanas Madu,” pungkasnya sambil tertawa. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

XL Axiata maumere

XL Axiata Sediakan Program Ramadan-Lebaran di Rumah

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas jaringan data di

Read More...
ridwan kamil jawa barat

Ridwan Kamil Izinkan Daerah untuk Lakukan Karantina Wilayah Parsial

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.   RADARDEPOK.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengizinkan kepala

Read More...
Kepala DPM-Desa Jabar Dedi Sopandi

Cegah Penyebaran COVID-19, Desa di Jabar Bergerak

Kepala DPM-Desa Jabar Dedi Sopandi.   RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Beragam upaya dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Read More...

Mobile Sliding Menu