Kantor Damtour Digeledah, Dokumen Disita

In Utama
DIGELEDAH : Direktur PT Damtour Hambali Abbas menunjukkan lokasi penyimpanan berkas kepada petugas kepolisian di Kantor Damtour, Jalan Tole Iskandar, Kecamatan Cilodong, Selasa (17/9). Direktur PT Damtour tersebut ditangkap karena diduga menipu sekitar 200 calon jamaah umrah dari berbagai daerah dengan kerugian mencapai Rp4 miliar. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinyatakan bermasalah, Polresta Depok langsung melakukan penggeledahan di Kantor PT Doa Arafah Madinah (Damtour), di Jalan Tole Iskandar Nomor 6-7 Kecamatan Cilodong.

Petugas Reskrim Polresta Depok menggeledah gedung sekitar pukul 11.00, Selasa (17/9). Tanpa basa-basi mereka membuka rolling door dan masuk ke dalam. Tidak ada aktifitas, digedung tersebut. Beredar kabar kantor tersebut memang sudah tidak beroperasi lama.

“Kurang lebih setahun, kantornya tutup. Waktu pertama buka banyak yang datang,” kata warga sekitar, Sanusi.

Beberapa bulan ke belakang, penyedia jasa pemberangkatan Umrah tersebut sempat didatangi massa yang mengaku korban penipuan. Mereka, menggelar aksi unjuk rasa karena tak kunjung diberangkatkan sedangkan pembiayaan telah disetorkan.

“Ya, kebetulan saya tinggal di seberang, jadi tahu situasinya seperti apa. Kebanyakan korbannya orang luar wilayah Depok,” kata Sanusi.

Kurang lebih satu jam, petugas melakukan penggeledahan di dalam kantor. Sejumlah barang ditemukan dan langsung dibawa, sebagai pemenuhan alat bukti. Kemudian, Tersangka, Direktur Utama Damtour Hambali Abbas juga didatangkan. Terlihat sambil didampingi petugas dirinya menjawab seluruh pertanyaan kepolisian. Setelah itu, petugas menutup kembali kantor tersebut dan memasang garis kuning (police line).

Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus mengatakan, sejumlah barang bukti yang diamankan pihaknya yaitu setumpukan dokumen yang tersimpan di dalam tiga koper. “Dokumen ini, masih kita teliti selain itu kita juga sempat turun ke basement ada dokumen yang dibawa juga beberapa. Seluruhnya akan diperiksa oleh penyidik,”kata AKP Firdaus.

Usai menggeledah Kantor Damtour, di wilayah Cilodong Kota Depok polisi menyita beberapa barang bukti guna memperkuat proses penyidikan. Salah satunya, dokumen yang diduga sebagai alat penipuan.

Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah menuturkan, ada kurang lebih dua koper berisi tumpukan dokumen yang berkaitan dengan pendaftaran Jamaah, registrasi, kuitansi. “Ada juga barang barang lain berupa spanduk, banner yang digunakan untuk menawarkan perjalanan ibadah umroh tersebut,” kata Azis di Mapolresta Depok, Selasa (17/9).

Menurut dia, penggeledahan tersebut merupakan runutan dari proses penyelidikan kepolisian terhadap penanganan kasus, yang diawali dengan menangkap tersangka utama, pemeriksaan, pengumpulan alat bukti (penggeledahan dan penyitaan).

Azis menyebutkan, pihaknya masih terus mendalami kasus penipuan ratusan jamaah Umrah tersebut dengan memaksimalkan pemeriksaan terhadap tersangka utama Hambali Abbas (39). Namun, nantinya tidak menutup kemungkinan adanya tersangka lain.

“Sementara kita belum tetapkan tersangka lain, kita maksimalkan pemeriksaan. Tidak menutup kemungkinan apakah ada orang lain yang patut mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan bisa kita sangkakan sebagai tersangka berikutnya,” paparnya.

Hingga kini kurang lebih enam orang saksi telah diperiksa penyidik Reserse Kriminal Khusus Polresta Depok, Azis menegaskan jumlah saksi tersebut dirasakannya cukup. “Saksi kita tidak kurang ya, karena laporan polisi yang lalu mewakili 33 korban dan barusan ada laporan polisi mewakili 47 korban. artinya jumlah total 96, bisalah kita cukupi saksi,” pungkasnya.

Menurut informasi jumlah korban Jamaah jasa pemberangkatan Umrah Damtour mencapai 200 orang, dengan total kerugian Rp4 Miliar. Sebelum diringkus, Dirut PT Damtour Hambali Abbas diduga sempat buron selama enam bulan. Kantor Jasa Tour and Travel tersebut juga, diketahui tutup pada tahun 2018. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

detos suasana malam hari

Ada Pembatasan Aktivitas, Mal di Depok Mulai Bersikap

Gedung Detos yang ada di Jalan Margonda. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kebijakan Tim Gugus

Read More...
shoes and care diskon

Shoes and Care Diskon 20 Persen

DISKON : Rutin Shoes and Care Depok yang berada di Jalan Akses UI No35 hadirkan

Read More...
nyambi ngopi mengedukasi

Nyambi Ngopi Edukasi Masyarakat

KOPI : Nyambi Ngopi, kedai kopi kekinian yang berada di Jalan Palakali No.1 Beji. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu