CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien di klinik Pasar Tugu. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien di klinik Pasar Tugu. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

Para pedagang Dan Pengunjung di Pasar Tugu, Cimanggis antusias menggunakan fasilitas klinik gratis yang disediakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Tugu, Pal Kelurahan Tugu, Cimanggis.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

 

RADARDEPOK.COM, – Belasan orang silih berganti masuk ke dalam ruangan klinik yang menyatu dengan ruang tamu pengelola UPT Pasar Tugu.

Suara dari alat pengukur tensi memecah keheningan dalam ruangan tersebut tatkala seorang pasien sedang melakukan pengecekan kesehatan di sana.

Di sela – sela tugasnya, Widia tenaga medis di klinik Pasar Tugu mengatakan dia sudah memeriksa kesehatan 20 orang pasien yang datang ke klinik tersebut.

“Di sini hanya menyediakan jasa pengecekan kesehatan berupa cek tensi darah dan penimbangan berat badan, ” katanya belum lama ini.

Dalam prakteknya, para pasien akan di cekkesehatannya lalu diberikan konsultasi mengenai kesehatan. Jika ditemui adanya gejala penyakit, dia akan merujuk pasien tersebut ke puskesmas untuk penanganan lebihanjut.

“Di sini tidak memberikan obat, hanya memberikan resep atau rujukan sesuai faskes pasien, ” Bebernya.

Dia menambahkan, untuk jadwal operasionalnya, klinik tersebut buka setiap hari Jumat, mulai pukul 09:00 sampai jam 11: 30 WIB.

” Klinik ini buka seminggu sekali saja, ” tuturnya.

Sementar, Kasubag TU Pasar Tugu, Tri Handoko mengatakan, keberadaan klinik tersebut merupakan salah satu fasilitas untuk menunjang konsep pasar sehat di sana disamping berbagai fasilitas lain yang sudah mereka sediakan.

“Alhamdulillah klinik ini sangat bermanfaat. Setiap praktek bisa sampai 30 orang yang datang untuk cek kesehatan baik pedagang, pembeli, hingga pegawai pasar rutin mengecek kesehatan di sini, ” ungkapnya.

Selain klinik, pihaknya juga melengkapi pasar dengan sarana penunjang kesehatan lainya, seperti wastafel dan juga ruangan khusus merokok.

” Kami juga memberlakukan kawasan bebas rokok di sini, ” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya