CANTIK: Komunitas VAC saat sedang melakukan kegiatan di luar Kota Depok, nampak vespa antic di susun berjajar, beberapa waktu lalu. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK
CANTIK : Komunitas VAC saat sedang melakukan kegiatan di luar Kota Depok, nampak vespa antic di susun berjajar, beberapa waktu lalu. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

Penuh perjuangan menjadikan komunitas vespa semakin solid. Seperti yang dilakukan Vespa Antique Club (VAC) sampai berkembang di Kota Depok.

Laporan: RUBIAKTO

RADARDEPOK.COM – Sejarah Komunitas Vespa Antique Club (VAC) di Indonesia dilatarbelakangi pada kecintaan dan kesamaan hobi berkendaraan Vespa. Hingga akhirnya pada tanggal 28 Oktober 1993 di Jalan Jamika Kota Bandung, berdirilah komunitas VAC.

Pada awal pembentukannya VAC dipimpin Solehudin (001), Acep Rahmat (002), Dodo Suhendar (004), dan Franky Rahmat (007). Mereka secara resmi mendaklarasikan Vespa Antique Club yang bertujuan, guna menjadi wahana silaturahmi, komunikasi dan menyalurkan hobi wisata berkendara.

Kata Antique itu sendiri, merupakan kalimat yang sering kali didengar para pendiri sebagai ungkapan spontan masyarakat. Ketika melihat dan memperhatikan skuter Vespa pada saat itu. Vespa Antique Club Depok adalah chapter termuda dari Vespa Antique Club Indonesia, di prakarsai pertama kali oleh Erik, Dany dalton dan Kamal pada tahun 2015 silam.

Awal mulanya hanya main Vespa bareng di sekitaran Depok. Sampai akhirnya, kecintaannya terhadap Club bermaskot tawon itu begitu besar. Berujung ingin mendirikan cabang dari VAC Indonesia di Kota Depok.

“Awal mulanya tahu VAC dari kang Erik yang pada saat itu merupakan member VAC. Akhirnya kami berdua fokus dan bertekad ingin mengibarkan panji VAC di kota Depok,” kata Ketua VAC Depok, Kamal.

Pada tahun 2015 awal terbentuk, sowan untuk mencari dukungan dan silaturahmi kepada Club disekitaran Depok dan keluarga besar VAC Indonesia dengan agenda touring kebeberapa cabang wilayah seperti Lampung, Banten, Bogor, dan Bandung sebagai mother Chapter.

“Singkat cerita perjalan kami dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 yang tadinya berjumlah tiga orang. Bertambah  anggota menjadi 11 orang. Dan tidak menuntut kemunginan setiap tahun anggota kami akan terus bertambah seiring banyaknya kegiatan ekternal dari Club,” tuturnya.

Pada tanggal 30 Maret 2019. Resmi deklarasi dan disahkan menjadi chapter termuda Vespa Antique Club Indonesia di wilayah Depok, oleh El presiden Vespa Antique Club Indonesia Oong Komara.

VAC Depok secara resmi berdiri dan di komandoi Kamal, Dany Dalton sebagai humas, Yoki sebagai Bendahara dan Ilyas sebagai sekretaris serta Jhony sebagai Divisi Tatib (tata tertib). (*)

 

Editor : Pebri Mulya