KUNJUNGAN : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna didampingi komisioner KPU Kota Depok saat menerima kunjungan dari KPU Kota Bandar Lampung ke Kantor Sekretariat KPU Kota Depok di Jalan Kartini Raya, Nomor 19 Kelurahan Depok, Pancoranmas, Rabu (18/9). FOTO : RICKY/RADARDEPOK
KUNJUNGAN : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna didampingi komisioner KPU Kota Depok saat menerima kunjungan dari KPU Kota Bandar Lampung ke Kantor Sekretariat KPU Kota Depok di Jalan Kartini Raya, Nomor 19 Kelurahan Depok, Pancoranmas, Rabu (18/9). FOTO : RICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sukses menghelat beberapa pesta demokrasi tanpa ekses. KPU Kota Depok menjadi percontohan dan destinasi studi banding penyelenggara Pemilu dari kabupaten/kota lain. Setelah KPU Kota Padang di akhir Februari 2019. Kini, giliran KPU Kota Bandar Lampung menjumpai lembaga yang diketuai Nana Shobarna ini, Rabu (18/9).

Rombongan delegasi berjumlah enam orang, terdiri dari Komisioner KPU Kota Bandar Lampung dan staf sekretariat tiba pukul 10.00 WIB  dan diterima langsung Ketua KPU Kota Depok  didampingi Anggota KPU Kota Depok, Jayadin, Kholil Pasaribu dan Mahadi Rahman, serta Para Kasubag dan staf Sekretariat Kantor Sekretariat KPU Kota Depok di Jalan Kartini Raya, Nomor 19 Kelurahan Depok, Pancoranmas.

“Kami merasa perlu untuk menggali informasi dan pengalaman dari KPU Kota Depok terkait dengan persiapan Penyelenggaraan Pilkada 2020 kedepan,” tutur Komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Ferry Triatmojo yang memimpin rombongan tersebut.

Pihaknya mengaku perlu belajar dari KPU Kota Depok, terkait tahapan-tahapan Pilkada yang akan datang, terutama terkait dengan data pemilih, Rumah Pintar Pemilu, mekanisme pemilihan, surat suara dan pengelolaan logistik di KPU Kota Depok.

“Kami berterima kasih atas sambutan dari KPU Kota Depok yang baik dan ramah serta apresiasi penerimaan yang luar biasa penuh dengan suasana akrab dan kekeluargaan. Kami mengharapkan kedatangan dan kunjungan balasan dari rekan-rekan KPU Kota Depok ke kantor kami di lain waktu,” pungkasnya.

Menanggapi kunjungan tersebut, Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mewakili komisioner dan sekretariat KPU Kota Depok mengapresiasi rombongan kunjungan kerja dari KPU Kota Bandar Lampung beserta rombongan.

“Menginisiasikan berkunjung ke Kantor KPU Kota Depok yang sangat sederhana ini. Memang sudah ada beberapa penyelenggaran Pemilu Kabupaten/Kota yang berkunjung ke tempat kami” kata Nana.

Nana mengungkapkan, terkait apa yang disampaikan tentang mekanisme pemilu, data pemilih dan juga logistik pihaknya bersyukur dapat melaksanakan dan melewati seluruh tahapan Pemilu 2019 dengan baik.

“Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti. Keyakinan dan upaya maksimal kami itulah modal yang akan juga lakukan nanti pada saat Pilkada,” terangnya.

Pihaknya pun yakin, rombongan dari yang datang ke Kantor Sekretariat KPU Kota Depok pasti kaget setelah melihat keadaan dan kondisi yang dialami. Tapi, sambung Nana, hal tersebut tidak menjadikan komisioner dan staf sekretariat bermalas-malasan untuk menghelat Pemilu.

“Walaupun dengan kondisi kantor yang seperti ini. Namun, tidak membuat kendor kinerja kami untuk melaksanakan kegiatan tahapan,” paparnya.

KPU Depok pun yakin dan optimis dalam waktu dekat Pemkot Depok akan mewujudkan Kantor KPU Kota Depok yang representatif, layak dan setelah terealisasi, pihaknya pun akan menerima seluruh penyelenggara Pemilu yang ingin belajar bersama.

“Kalau sudah punya kantor yang representatif, tentu kami mau menerima kunjungan dari KPU manapun yang ingin studi banding,” pungkasnya sambil tertawa. (rd)

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya