WORKSHOP  : Pemimpin LPK Lalita Cahaya Maida, Sulistiyaningsih bersama dengan para peserta Workshop Upacara Siraman Adat Jawa, di Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji. FOTO : ARNET/RADARDEPOK
WORKSHOP  : Pemimpin LPK Lalita Cahaya Maida, Sulistiyaningsih bersama dengan para peserta Workshop Upacara Siraman Adat Jawa, di Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kontribusi nyata dalam upaya pelestarian budaya, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Lalita Cahaya Maida mengadakan workshop Upacara Siraman Adat Jawa yang dilaksanakan di Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji.

Pimpinan LKP Lalita Cahaya Maida, Sulistiyaningsih mengatakan, tujuan diselenggarakan workhsop tersebut guna melestarikan khasanah budaya leluhur yang sarat filosofi untuk kehidupan ini agar tidak punah. Kemudian, setelah menguasai semuanya, jika ada yang memakai jasa pemandu adat untuk siraman dan perias, peserta sudah siap terjun langsung.

“Makanya kami buat acara ini, memang pesertanya banyak dari kalangan muda, tapi orang tua pun banyak yang ikut. Sebab, mengenal adat istiadat tak kenal usia, semua bisa kenal dan belajar, workshopnya kemarin (Rabu 11/9),” kata Sulistiyaningsih kepada Radar Depok, Kamis (12/9).

Para peserta yang terdaftar tidak hanya para perias dari Depok melainkan juga dari kota tetangga, seperti Bogor dan Jakarta. Para peserta pun disuguhkan materi ubo ramped atau bahan-bahan yang dipakai, serta tata cara pelaksanaan upacara siraman adat Jawa,

“Setelah materi diberikan, kami juga langsung melakukan praktek agar peserta langsung mengerti,” jelas perempuan yang lebih dikenal dengan Lilis Lalita Rias Pengantin.

Sebelumnya, LKP Lalita Cahaya Maida yang beralamat di Puri BSI Blok B 33 RT06/02 Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoranmas ini pun membuka kelas make up dasar dan pengantin secara gratis maupun berbayar. Nantinya, pada 18 September mendatang akan buka kelas body dan face painting.

“Insya Allah, jika LPK Lalita sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, kami akan membuka kelas khurus rias pengantin, tata kecantikan rambut, dan seni hantaran secara gratis,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya