POTONG TUMPENG : Disaksikan anggota fraksi, perwakilan pengurus DPC dan Ranting PAN se-Depok, Sekjen DPD PAN Kota Depok, Fitri Hariono memberikan potongan tumpeng kepada ketua panitia dalam perayaan Milad ke-21 PAN, di salah satu kafe di Jalan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Sabtu (31/8). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
POTONG TUMPENG : Disaksikan anggota fraksi, perwakilan pengurus DPC dan Ranting PAN se-Depok, Sekjen DPD PAN Kota Depok, Fitri Hariono memberikan potongan tumpeng kepada ketua panitia dalam perayaan Milad ke-21 PAN, di salah satu kafe di Jalan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Sabtu (31/8). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Forum DPC Partai Amanat Nasional (PAN) se-Kota Depok mengadakan perayaan milad (ulang tahun) ke-21 PAN, di salah satu kafe di Jalan Tanah Baru, Beji, Sabtu (31/8). Agendanya wadah silaturahmi dan konsolidasi. Momen evaluasi untuk perbaikan PAN ke depan.

Perayaan tersebut turut dihadiri Sekjen DPD PAN Kota Depok, Fitri Hariono, Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Depok, Lahmudin, Azhari dan Nurhasan. Kemudian, seluruh perwakilan pengurus DPC, ranting dan kader PAN di Kota Depok.

“Momen milad ini sebagai bahan evaluasi perjalanan kami selama 21 tahun. Sama seperti di pusat, baik evaluasi kepengurusan, kegiatan dan apapun bentuknya untuk PAN lebih baik kedepannya,” kata Fitri Hariono kepada Radar Depok.

Melalui agenda Milad tersebut, sambung Fitri, seluruhnya sudah bulat untuk menyatukan tekad guna menyongsong Pilkada Depok 2020. sebab, meski hanya meraih empat kursi, PAN harus memiliki peran penting di Kota Depok.

Ditanya terkait penurunan kursi PAN di DPRD Kota Depok (dari enam, jadi empat), Fitri mengungkapkan, hal tersebut pasti ada evaluasi, baik di tingkat DPP, DPW dan DPD. Karena, hasil yang raih di Pileg 2019 menjadi kewajiban bagi partai juga untuk melakukan evaluasi. “Ini untuk pelajaran kita di tahun-tahun berikutnya, untuk menyongsong 2024, kita tidak boleh seperti ini lagi,” ujarnya.

Disinggung soal ketidakhadiran Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno pada kesempatan tersebut, kata Fitri, karena memiliki agenda lain.

“Jadi forum DPC yang mengundang DPD untuk mengadakan perayaan Milad ke-21. Tidak ada masalah apa-apa, yang jelas kami di PAN makin solid, dan komitmen bahwa PAN kedepan harus sama-sama bergerak untuk membesarkan PAN,” ucap Fitri.

Sementara, Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Depok, Lahmudin Abdullah mengartikan Milad ke-21, PAN sepanjang reformasi memberikan kontribusi besar dan mengakar di seluruh laporan kadernya.

“Saya kira, seluruh kadernya berhak merayakan milad ini dengan baik, sebagai bentuk rasa syukur sampai 21 tahun masih eksis secara nasional. Bahkan, di luar negeri sudah banyak berdiri dan dibentuk oleh kader-kadernya,” kata Lahmudin.

Di Depok sendiri, sambung Lahmudin, agak telat merayakannya di mana secara nasional dirayakan pada 23 Agustus. Namun, di Depok sendiri baru dirayakan di akhir Agustus. “Tapi, yang namanya merayakan, saya rasa tidak ada batasan, silahkan saja,” paparnya.

Ia mengungkapkan, fluktuasi suara Pemilu dalam partai sudah biasa. Tetapi, yang harus menjadi bahan renungan dan kajian PAN Depok, bahwa menurunnya suara PAN di Depok harus menjadi bahan evaluasi tersendiri untuk kader-kader PAN kedepan.

“Sehingga, ia lebih tahu apa yang harus dilakukan dan lebih baik lagi. Kalau menurunnya kursi memang tidak hanya PAN, ada beberapa partai lain. Tapi, yang paling arif dan bijaksana menyikapinya adalah ini harus menjadi bahan evaluasi kedepan,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Nurhasan mengatakan, di usia ke-21, PAN sudah cukup dewasa. Ia berharap agar PAN kedepannya lebih baik, terutama di Kota Depok agar lebih solid dan kompak.

“Kalau perayaan Milad ini, grassroot yang mengadakan, aspirasi dari ketua-ketua DPC dan Ranting, sehingga kami mengakomodir itu,” kata Nurhasan.

Memang, secara umum harus diakui bahwa PAN Depok mengalami penurunan. Hal ini juga, melihat politik nasional juga demikian. “Penurunan ini menjadi tanggung jawab kita semua. Evaluasi kedepan harus lebih baik,” ucap Nurhasan.

Senada dengan Nurhasan, Azhari pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Depok yang telah mempercayakan amanahnya kepada perwakilan PAN untuk duduk di kursi legislatif periode 2019-2024.

“Alhamdulillah, PAN masih bertahan dengan empat kursi, dimana dua kursi lainnya hilang. Sehingga kehilangan kursi pimpinan DPRD juga. Tetapi, dengan masih adanya Fraksi PAN, semoga PAN makin eksis, konsisten dan konsekuen untuk membantu Pemkot Depok mewujudkan kota yang unggul, nyaman dan religius,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya