FOKUS : Seksi Logistik dan PSD PMI Kota Depok, Ary Prasetio saat memberikan materi PP serta ayo siaga bencan di Aula Kantor Kecamatan Cipayung, Rabu (18/9). FOTO : ARNET/RADARDEPOK
FOKUS : Seksi Logistik dan PSD PMI Kota Depok, Ary Prasetio saat memberikan materi PP serta ayo siaga bencan di Aula Kantor Kecamatan Cipayung, Rabu (18/9). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – UPT Puskesmas Cipayung bekerjasama dengan PMI Depok mengadakan pembekalan mengenai pertolongan pertama dan siaga bencana kepada 90 pelajar SD negeri maupun swasta di Aula Kantor Kecamatan Cipayung, Rabu (18/9).

Staf bagian Seksi Logisitik dan PSD PMI Depok, Ary Prasetio menuturkan, pihaknya memberikan materi terkait ertolongan pertama atau bisa dikenal PP, yakni  pengembangan dari program P3K yag mana murid diajarkan penangan pertama dengan segera kepada penderita sakit, cedera atau kecelakaan.

“Penanganannya sederhana, kalau luka bakar kompres sekitar tubuh yang terbakar dengan air dingin, nah buat memar tinggal kompres dengan kain dan dalamnya ada es batu dan jangan mandi air hangat,” jelas Ary kepada Radar Depok.

Ia mengaku senang memberikan pembekalan kepada generasi penerus bangsa, dimana nantinya dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan ditularkan kepada keluarga maupun temannya di lingkungan tempat tinggal.

“Tentu saya sangat senang diberi ruang dalam memberikan pemahaman soal bencana kepada anak-anak. Karena, sejak dini mereka harus segera di kenalkan penanganan bencana, nanti hal ini bisa mereka bawa ke rumah diberitahukan kepada orang tuanya,” ucap Ary.

Sementara, Kepala UPT Puskemas Cipayung, Mitha Kurniasih membenarkan PMI mengisi materi P3K. kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan para siswa-siswi tentang kesehatan maupun penanganan bencana.

“Iya PMI ngisi materi, alhamdulilah acara berjalan lancar. Anak-anak juga terlihat ceria dan mendengarkan setiap materi dengan serius. Saya yakin mereka mampu menyerap dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupa sehari-hari,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya