Pradi : Kopdar Forum Positif Membangun Wilayah

In Politika
AKRAB : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (pakai topi) bersama Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, disela menghadiri Kopdar Triwulan III Tahun 2019 di Hotel Pantai Indah Resort Timur, Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANGANDARAN Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menyambut positif Agenda Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Kopdar) Triwulan III Tahun 2019, yang diselenggarakan Pemprov Jawa Barat, di Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9).

Pradi mengatakan, agenda ini bagian dari kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemprov Jawa Barat untuk mendekatkan antar pimpinan daerah di wilayah dengan gubernur.

“Dalam forum tersebut juga membahas berbagai hal terkait sumber Pendanaan Pembangunan,” kata Pradi saat dihubungi Radar Depok, Kamis (26/9) malam.

Terkait sumber dana pembangunan, Pradi menilai, banyak inovasi yang bisa di dorong, disamping delapan sumber yang sudah eksis : APBD provinsi, APBD kabupaten/kota, APBN, pinjaman bank, KPBU/PPP, dana umat, CSR, dan obligasi daerah.

”Saat ini, Bank Bjb sudah mulai membuka layanan pendanaan untuk pembangunan infrastruktur dan layanan tersebut sudah bisa diakses untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur,” terang Pradi.

Menurutnya, untuk mendukung kecepatan pembangunan di Kota Depok, harus ada regulasi yang efektif, termasuk memangkas birokrasi dan mekanisme yang panjang.

Selain membicarakan isu regional, Kopdar menjadi wadah bagi kepala daerah untuk mengutarakan inovasi pembangunan di wilayah. Tujuannya, agar daerah lain yang pembangunannya terhambat dapat meniru, memodifikasi, atau melaksanakan inovasi dari daerah lainnya.

“Dengan adanya forum ini, semoga program pembangunan mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota makin sinergi,”

Ia menambahkan, di era kepemimpinannya, Ridwan Kamil akan mendirikan kantor perwakilan di Jakarta. Fungsinya untuk membantu lobi ke pemerintah pusat, dan tiap Kabupaten/ Kota dipersilahkan untuk mengajukan kebutuhannya.

“Ini harus disambut dengan positif. Makanya, kami harus menyiapkan tempat, agar bisa mengejar bantuan baik dari provinsi maupun dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu