KERAHKAN ALAT BERAT : Beberapa alat berat sedang bersiap untuk melakukan pengerukan di Situ Rawa Kalong, Curug, Cimanggis. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
KERAHKAN ALAT BERAT : Beberapa alat berat sedang bersiap untuk melakukan pengerukan di Situ Rawa Kalong, Curug, Cimanggis. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CURUG – CV. Karya Putra Mandiri, pelaksana proyek Revitalisasi Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Cimanggis mengklaim progres pembangunan yang dilakukan telah mencapai progres 36 persen dan ditargetkan rampung akhir tahun.

Petugas pelaksana proyek CV. Karya Putra Mandiri, Sopiyan mengatakan, proyek pemerintah pusat yang menghabiskan ABPN sebesar Rp5.296.693.000 tersebut dikerjakan selama 188 hari sejak Juni kemarin.

“Sudah tiga bulan ini mengerjakan proyek revitalisasi Situ Rawa Kalong. Hasilnya, sejumlah pekerjaan sudah menunjukan progres yang signifikan dan kami terus kerjakan dengan baik,” kata Sopiyan kepada Radar Depok, Kamis (19/9).

Ia menjelaskan, saat ini pengerjaan perkuatan turap dinding situ sudah mencapai 25 persen. Jika diuraikan pengerjaan perkuatan dinding turap menjadi beberapa bidang pekerjaan, diantaranya pemasangan batu penahan dinding turap, pengecoran dinding penahan tanah.

“Setelah pengerjaan turap ini selesai, kami akan membuat jogging track,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengerjakan kegiatan pengangkatan sampah dan sedimen lumpur dari permukaan dan dasar Situ Rawa Kalong dengan mengenakan tiga unit excavator.

“Sebenarnya semua pekerjaan kami jalankan secara serentak. Kalau di total sudah mencapai 36 persen progresnya dan diperkirakan akan selesai bulan November atau Desember,” pungkasnya.

Sementara, pengawas proyek revitalisasi Situ Rawa Kalong dari BBWSCC, Tri Hariadi mengungkapkan, dalam pantauannya semua pekerjaan sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Dia berharap pengerjaan revitalisasi tersebut dapat selesai tepat waktu sehingga warga di sana bisa segera menikmati fungsi dari Situ Rawa Kalong tersebut.

“Semua pekerjaan tampak baik. Kami akan memantau pengerjaan ini sampai selesai 100 persen,” harap Tri Hariadi. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya