Siswa dan guru SD Islam Terpadu Miftahul Ulum (SDIT MU) melakukan edutrip ke Malaysia dan Singapura, selama tiga hari sejak Senin-Rabu (9-11/9). FOTO : SANI/RADAR DEPOK
Siswa dan guru SD Islam Terpadu Miftahul Ulum (SDIT MU) melakukan edutrip ke Malaysia dan Singapura, selama tiga hari sejak Senin-Rabu (9-11/9). FOTO : SANI/RADAR DEPOK tp

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SD Islam Terpadu Miftahul Ulum (SDIT MU) memiliki program unggulan yang berbeda dari sekolah lainnya. Program itu bernama Edutrip ke Malaysia dan Singapura, untuk kelas IV, V, dan VI.

Kemarin (11/9) sebanyak 59 siswa dan 11 guru baru sampai di tanah air, setelah melaksanakan Edutrip jilid II sejak Senin-Rabu (9-11/9). Edutrip adalah jalan-jalan sambil belajar ke suatu tempat, kali ini SDIT MU pergi ke Malaysia-Singapura.

“Perjalanan Edutrip jilid II ini sebelumya sudah pernah dilakukan pada April 2017 lalu. Tahun ini kami mengunjungi Brightway International School, Shah Alam Selangor Malaysia,” kata Waka Kurikulum SDIT MU, Mudzakkir Harun Alrasyid kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan, di Brightway International Schoo siswa-siswi SDIT MU belajar interaksi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Lalu belajar bersama di kelas dengan siswa di sana. Tidak ketinggalan mereka juga menampilkan performance, dan memberikan souvenir wayang kepada sahabat barunya di sekolah tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Brightway International School (BIS) dan berharap kunjungan ini sangat bermanfaat di kedua negara, baik bagi sekolah dan siswanya,” terang Mudzakkir, saat ditemui di sekolah yang berlokasi di Jalan Yayasan, Kelurahan Gandul, Cinere.

Dia bercerita bahwa Brightway International School sangat menyambut baik kedatangan mereka kesana. Serta berharap bahwa dikemudian hari, siswa BIS dapat berkunjung ke SDIT MU.

Usai kunjungan di BIS, peserta mengikuti agenda edutrip ke beberapa tempat lain. Di antaranya Petronas, KLCC, Masjid Pink Putra Jaya, KL City Galery, Batu Cave, Sentral Market Pasar Seni, Istana Negara, Dataran Merdeka, dan Museum Istana di Malaysia.

Saat berada di Singapura, peserta didik berjalan-jalan ke Merlion, Masjid Sultan, Garden by The Bay, Universal Studio, dan Bugis Market. Melihat antusias dan manfaat yang besar dari kegiatan edutrip selama ini, pihak sekolah berharap dapat menjadi agenda rutin tahunan.

“Kegiatan Edutrip ini dapat menambah wawasan global para siswa, meningkatkan perilaku disiplin siswa, dan terjalin kerja sama dengan sekolah internasional di negara lain. SDIT MU mempunyai misi besar ingin menjadi Sekolah Internasional dan Sekolah Adiwiyata Internasional, ucap kepala sekolah SDIT MU Dedy Susanto. (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani (IG : @apridasani)

Editor : Pebri Mulya